10 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

10 Hobi Yang Bisa Menghasilkan Uang

10 Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang

Hobi yang menghasilkan uang ada banyak macamnya.

Tentu sangat menyenangkan jika dibayar untuk mengerjakan hal yang disukai sejak awal. Simak daftarnya di sini.

Menggeluti sebuah hobi menjadi salah satu cara menyenangkan untuk mengisi waktu luang sekaligus menyegarkan pikiran. Tidak sedikit dari hobi ini yang membutuhkan banyak biaya bahkan tergolong sebagai hobi mahal. Namun jangan salah, ada juga lho hobi yang menghasilkan uang.

Tentu sangat mengasyikkan ketika kamu bisa mendapatkan penghasilan dengan melakukan kegiatan yang sejalan dengan passion kamu. Dari yang awalnya hanya kegemaran pribadi, kemudian berkembang menjadi sumber pendapatan baru. Bisa jadi, hobi - hobi ini akan mengantarkanmu menapaki hari depan yang lebih baik.

Daftar Hobi Yang Bisa Menghasilkan Uang

Banyak sekali cerita orang yang mendulang sukses setelah terjun secara total dalam satu kegiatan yang begitu disenangi. Namun itu semua disertai juga dengan kerja keras dan komitmen. Ini dia 10 hobi yang menghasilkan uang banyak ketika digeluti dengan serius.

  1. Berkebun
bowl of vegetable
Gambar oleh congerdesign dari Pixabay

Bagi kamu yang mencintai kegiatan cocok tanam, kamu bisa menekuni urban farming alias menjadi petani kota. Saat ini, permintaan untuk komoditas pangan lokal semakin meningkat sehingga pasarnya pun juga menjanjikan. Jika kamu memiliki lahan di rumah, kamu bisa manfaatkan untuk menanam buah dan sayur.

Pilih komoditas yang umumnya siap panen lebih cepat, misalnya seperti bayam yang untuk dipanen butuh waktu sekitar 45 hari. Untuk menghemat pengeluaran di awal, kamu bisa membuat pupuk kompos sendiri dari sisa sampah makanan.

Setelah panen berhasil kamu bisa menawarkan hasil kebunmu ke pedagang pasar ataupun start-up yang menjembatani transaksi jual beli bahan pangan segar. Jadikan berkebun ini sebagai contoh hobi yang positif dan memberi manfaat lebih bagi orang lain. 

  1. Menulis
    writing freelance
    Gambar oleh William Iven dari Pixabay

Beruntung jika kamu memiliki ketertarikan di dunia menulis, karena menulis termasuk hobi yang dapat menghasilkan uang. Ada banyak sekali peluang yang terbuka ketika kamu mau mengasah kemampuan ini dengan serius. Kamu bisa menulis konten website, review produk, opini, hingga menjadi copywriter.

Jajaki juga kemampuan kamu dengan mengikuti kompetisi menulis yang banyak digelar berbagai instansi. Kalau kamu menggeluti dunia kepenulisan fiksi, kamu bisa menulis kumpulan cerpen bahkan novel. Saat ini menerbitkan buku secara indie cukup mudah dan kamu bisa menjualnya secara daring.

  1. Coding

    coding screen
    Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Bagi kamu yang senang mengutak-atik C++, Python, Java, NET, dan bahasa pemrograman lainnya, ada peluang yang begitu besar untukmu. Kebutuhan coding untuk keperluan industri sangat tinggi. Terlebih lagi, perusahaan besar membutuhkan coding untuk automasi, analisis data, hingga pelaporan.

Selain itu, dari hobi yang bermanfaat ini kamu juga bisa membuat aplikasi mobile, website, bahkan game. Pendapatan tak terbatas bisa mengalir ke pundi-pundimu jika kamu menggeluti coding dengan serius. Bagi kamu yang juga senang mengajar, kamu bisa menjadi instruktur pelatihan coding.

  1. Shooting dan Edit Video

    shooting rig
    Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Untuk kamu yang senang dengan dunia videografi, banyak peluang menjanjikan untuk kamu. Hampir semua lini bisnis hingga pemerintah sekalipun kini menggunakan video sebagai sarana promosi dan edukasi. Siapkan portofolio terbaik yang kamu miliki sehingga klien tertarik menggunakan jasamu.

Kamu bisa juga menapaki langkah awal dengan membangun channel YouTube sendiri. Buatlah konten-konten kreatif dan informatif yang dibutuhkan audiens. Pelajari juga cara membuat thumbnail video yang menarik sehingga channelmu akan banyak dikunjungi dan terus bertumbuh.

  1. Memasak

    cooking chef
    Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Ya, memasak merupakan keterampilan dasar yang penting dikuasai siapa saja. Hebatnya, memasak memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk dikembangkan menjadi bisnis rumahan. Kalau kamu suka menghabiskan banyak waktu di dapur dan menciptakan kreasi masakan, saatnya kamu membuka usaha bidang kuliner.

Kamu bisa memilih spesifikasi tertentu, misalnya baking kue kering, masakan vegan, hingga katering diet. Promosikan produkmu di kalangan teman-teman terdekat terlebih dahulu dan gunakan juga sosial media. Testimoni positif bisa menjadi semangatmu untuk terus menekuni bidang ini.

  1. Fotografi

Selama manusia memiliki keinginan untuk mengabadikan momen-momen berharga, maka jasa fotografer akan selalu dibutuhkan. Kalau selama ini kamu menekuni fotografi sebatas iseng, tidak ada salahnya untuk mulai menggarap hobi yang dapat menghasilkan uang ini dengan lebih serius. Kemampuan fotografi dihargai tinggi.

Selain itu, dunia usaha juga selalu membutuhkan foto produk dengan kualitas yang optimal dan tajam. Kamu bisa mengambil peluang ini dengan mendalami teknik-teknik fotografi produk. Belajar saja dulu dengan meminjam produk milik teman untuk kamu fotokan secara gratis.

  1. Make Up

Pecinta make up biasanya senang mengoleksi berbagai jenis produk, pilihan warna kosmetik, hingga perlengkapan yang kekinian. Selain itu, mengikuti tutorial beauty blogger favorit juga menjadi kegiatan di sela-sela rutinitas. Kalau kamu tertarik mendalami bidang ini, kamu bisa menjadi seorang Make Up Artist (MUA).

Ada banyak kesempatan terbuka untukmu, mulai dari jasa make up untuk prewed, bridesmaid, hingga wisuda. Kamu bisa juga membuka kelas make up dasar untuk pemula. Tentu sangat menyenangkan bisa berbagi ilmu sekaligus mendapatkan penghasilan dari hobi yang begitu kamu senangi ini.    

  1. Podcasting

Tren beberapa tahun terakhir menunjukkan kalau podcast mulai digemari di kalangan milenial dan gen Z. Kalau kamu senang membuat konten podcast dan mulai menumbuhkan audiens, lanjutkan hobi berpotensi menghasilkan uang ini. Salah satunya dengan affiliate marketing atau podcast yang disponsori pihak kedua.

Selain itu, kamu juga bisa menuangkan hobi cuap-cuapmu ke dalam audiobook yang nantinya menjadi konten premium. Peminat audiobook saat ini mulai berkembang karena tidak semua orang bisa meluangkan waktu untuk membaca buku teks.

  1. Yoga

Yoga menjadi satu aktivitas menjaga kebugaran jiwa dan raga yang dapat dilakukan mulai dari anak-anak hingga lansia. Banyak orang yang tidak bisa melepaskan satu hari pun tanpa beryoga. Jika kamu salah satunya, kamu bisa mempertimbangkan peluang untuk menjadi instruktur atau pelatih yoga ke depannya.

Untuk menuju tahap itu tentunya kamu membutuhkan pelatihan dan sertifikasi khusus. Jika kamu telah siap, kamu bisa menawarkan jasamu ke perusahaan, individu, ataupun bergabung sebagai pelatih di studio yoga. Dalam situasi-situasi tertentu, kamu bisa juga mengajar secara online melalui Skype.

  1. Desain

Bagi kamu yang memiliki kecintaan pada dunia desain, khususnya desain grafis, kamu bisa memanfaatkan hobimu untuk menghasilkan uang. Dengan berbekal software handal, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan logo, infografis, flyer, dan berbagai media komunikasi lain sesuai kebutuhan klien.

Hobi ini bisa kamu pelajari secara otodidak ataupun melalui kursus daring. Butuh waktu yang cukup lama untuk menjadi designer grafis yang handal. Namun dengan ketekunan dan semangatmu dalam berkarya, kamu akan semakin terlatih.

Nah, dari daftar hobi ini jika kamu geluti dengan serius salah satunya saja, maka kamu bisa memiliki kesempatan mendapat penghasilan. Tidak hanya sekedar uang, namun bahkan pengalaman berkarir secara profesional. Tentu sangat menyenangkan ya dibayar untuk hal yang sudah kamu sukai sejak awal.

Semoga artikel ini memberi inspirasi dan manfaat untuk kamu. Selamat berjuang menekuni hobi yang menghasilkan uang!

Yuk Baca Juga Keuntungan Memiliki Hobi Membaca Buku

Referensi : 
https://www.mantelligence.com/hobbies-that-make-money/
https://www.hortzone.com/blog/urban-farming-beginners/
https://www.writers-online.co.uk/how-to-write/creative-writing/how-to-make-money-as-a-writer/
https://financialwolves.com/get-paid-to-code-online/
https://nofilmschool.com/2017/07/how-make-money-filmmaker
https://www.theworkathomewoman.com/make-money-cooking-at-home/
https://www.wix.com/blog/photography/2017/10/13/how-to-make-money-photographer/
http://www.makeupbykimporter.com/blog/2017/12/19/25-ways-make-money-makeup-artist
https://www.entrepreneur.com/article/277912
http://www.loveteachingyoga.com/16-ways-to-earn-more-money-teaching-yoga/