Semua Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Playstation 5

Semua hal yang harus anda tahu tentang PS 5

Semua Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Playstation 5

Informasi terbaru seputar pembahasan singkat mengenai Playstation 5. Lengkap dengan jadwal rilis, spesifikasi, dan game yang siap hadir.

Kabar rilis konsol game generasi terbaru dari Sony sudah santer diberitakan. Kabarnya, Sony juga akan melengkapi konsol generasi barunya dengan segudang fitur menarik. Penasaran sejauh apa kehebatannya? Simak pembahasan singkat mengenai Playstation 5 yang akan dikupas secara lengkap di sini.

Meski belum detail, pihak Sony sendiri sudah membocorkan beberapa poin penting terkait konsol barunya ini. Mulai dari spesifikasi PS5, desain, dan beberapa list game pun sudah dibocorkan.

Spesifikasi

playstation 5
Sumber Gambar : playstation.com

Dapur pacu adalah salah satu informasi yang paling ditunggu oleh para pecinta konsol Playstation. Pada konsol generasi ke-5 ini, Sony telah membekalinya dengan dapur pacu yang lebih bagus.

PS5 dibekali dengan CPU dan GPU yang tergolong berspesifikasi tinggi. Untuk CPU, konsol ini sudah dibekali dengan kekuatan 8 Core dari AMD Ryzen. Pemilihan CPU ini merupakan upgrade besar-besaran dari generasi sebelumnya. Processor-nya mampu memproses sistem jauh lebih cepat.

Untuk GPU, Sony memilih Custom RDNA 2 yang sudah support visual 8K. Artinya, kualitas visualnya akan jauh lebih bagus dibanding PS4 yang hanya support 4K. 8K adalah teknologi yang bisa menghasilkan sekitar 33 juta pixel. Namun sayangnya, untuk bisa menikmati visual 8K, kita harus siap membeli TV seharga ratusan juta rupiah.

Namun jangan khawatir, Playstation 5 masih tetap asyik digunakan pada TV atau monitor 4K. Harganya pun lebih terjangkau daripada TV 8K.

Konsol generasi terbaru dari Sony ini, juga lancar di kecepatan 60 FPS di resolusi 4K. Artinya, kita bisa bermain gim jauh lebih luwes tanpa lag akibat frame rate yang nge-drop. Hal tersebut dikarenakan kualitasnya sudah bisa digunakan di resolusi 8K.

Kompatibilitas Playstation 5

Di konsol terbaru ini, kita bahkan bisa memainkan gim-gim dari Playstation 4. Karena, PS5 dikabarkan kompatibel dengan gim-gim dari konsol Sony yang lawas. Hal ini diinformasikan langsung oleh pihak Sony.

Ada kabar juga yang menyebar bahwa konsol ini mampu memainkan gim-gim PS1, PS2, dan PS3. Namun, hal tersebut belum dikonfirmasi oleh pihak Sony sendiri. Akan tetapi, semua gim PS4, sudah dipastikan bisa dimainkan di konsol tersebut.

Kompatibilitas adalah salah satu keunggulan dari konsol baru ini. Karena, generasi sebelumnya, yaitu PS4, tidak memiliki fitur ini.

Waktu Loading Lebih Cepat

Kecepatan loading pada saat menjalankan video gim menjadi salah satu kendala pada konsol. Namun, hal ini tidak lagi terjadi pada Playstation 5. Hal ini sudah dibuktikan langsung melalui demonstrasi yang dilakukan oleh Mike Cerny.

Mike mencoba memainkan game  Spider-Man di PS4. Dia membutuhkan waktu sekitar 15 detik untuk menjalankannya. Sedangkan ketika menggunakan PS5, waktu untuk menjalankannya hanya 0,8 detik saja. Perbedaan waktu loading yang sangat jauh bukan?

Game Playstation 5

spiderman miles morales game
Sumber Gambar : Youtube.com

Kabarnya, beberapa game Playstation 5 pun sudah siap hadir pada saat perilisan. Gim yang sudah resmi diumumkan yaitu  Spider-Man: Miles Morales, GTA V, Horizon Forbidden West, Gran Turismo 7, dan Resident Evil Village.

Meski belum banyak, pengguna Playstation 5 tetap bisa memainkan game lawas dari versi sebelumnya. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tentu akan hadir sejumlah gim terbaru yang bisa dimainkan.

Jadwal Rilis

Pandemi Covid-19, membuat pihak Sony menunda perilisannya. Meski begitu, sudah ada konfirmasi terkini terkait jadwal rilis yang akan dilakukan di akhir tahun. Launching PS 5 sendiri, berdasarkan info terbaru melalui website resminya akan jatuh pada 22 Januari 2021.

Demikian pembahasan singkat mengenai Playstation 5. Sudah tidak sabar untuk segera memainkannya? Tunggu sampai tahun depan ya.

Referensi : 

https://www.gimbot.com/hal-yang-belum-kita-ketahui-dari-playstation-5/
https://www.gimbot.com/hal-yang-belum-kita-ketahui-dari-playstation-5/
https://www.arusgadget.com/harga-spesifikasi-dan-keunggulan-sony-playstation-5/
https://www.revivaltv.id/sekencang-apa-sebenarnya-ps5-nantinya/
https://jagatplay.com/2020/03/news/spesifikasi-playstation-5/
https://tekno.kompas.com/read/2020/06/22/20030017/5-game-playstation-5-yang-paling-dinanti?page=all