Dibalik Sukses Resident Evil

Dibalik Sukses Resident Evil - Resident Evil termasuk ke dalam daftar seri / franchise / waralaba yang terkenal diseluruh dunia, telah terhitung Resident Evil memiliki beberapa format media pendukung seperti : Game, Film, Serial TV, Novel, Komik, Merchandise, dll, namun dibalik itu semua, tidak terlepas dari sejarahnya yang panjang.

Sejarah Resident Evil

Resident Evil memadukan unsur film horor dan game penuh aksi, hal tersebut merupakan gagasan dari Shinji Mikami.

Shinji Mikami, yang sebelumnya telah mendesain beberapa judul game populer lainnya untuk Capcom seperti : Dino Crisis dan Devil May Cry, muncul dengan konsep terbaru yaitu yang kita kenal sebagai game Resident Evil.

shinji mikami
Sumber Gambar : variety | variety

Pada seri pertamanya yang berjudul "Resident Evil" dirilis pada tahun 1996, bercerita mengenai sekelompok pasukan khusus yang beroperasi untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan aneh di sebuah rumah besar yang terletak di pinggiran Raccoon City. 

Ketika mereka menjelajahi rumah besar tersebut (mansion), mereka menemukan bahwa dipenuhi oleh manusia yang berubah menjadi zombie dan makhluk aneh lainnya, akibat hasil dari percobaan senjata kimia yang salah penanganan.

Seri Resident Evil pertama tersebut sukses besar, terjual lebih dari 5 juta kopi dan menjadi salah satu videogame paling populer sepanjang masa.

Teknologi Resident Evil 1 (1996)

Resident Evil 1 (pertama) yang dirilis pada 1996, dikembangkan untuk konsol game PlayStation dan merupakan salah satu game 'pelopor' genre survival horror dieranya, permainan ini tidak luput dari dukungan kecanggihan teknologi pengembangnya dengan menerapkan teknologi : 

- Grafik 3D, terlihat dari model karakter render yang digunakan dan lingkungan yang dibangun di dalam permainan, sehingga dapat memberikan kesan mendekati realistis,

- Skala obyek yang rinci dan mendekati sesungguhnya,

- Animasi 3D, karakter dan musuh di dalam permainan ini menggunakan hasil animasi teknologi pemindaian 3D waktu nyata (realtime), yang memungkinkan gerakan mendekati realistis,

- Efek suara dan musik, dengan memanfaatkan elemen suara, pemain permainan ini dapat merasakan 'horror' yang disajikan pada permainan ini,

- Cutscene sinematik, dalam menuangkan cerita kepada pemain, game Resident Evil ini dilengkapi dengan adegan yang sinematik, sehingga latar belakang cerita dan permainan sesungguhnya dapat tersajikan dengan level ketegangan yang sama.

Kesuksesan Waralaba Resident Evil

Antusias terhadap waralaba Resident Evil seakan tidak pernah ada habisnya. 

Beberapa tahun belakangan ini, franchise Resident Evil mendapatkan popularitas kebangkitan yang cukup pesat. Dimulai dari dirilisnya game Resident Evil 8 Village (2021), dan yang paling populer adalah dirilisnya remake game Resident Evil 2 (2019) , Resident Evil 3 (2020) dan Resident Evil 4 (2023) Dengan kesuksesan besar yang mereka raih dari proyek remake game.

Dari kesuksesan tersebut turut serta dalam menelurkan waralaba sekuel, spin-off, film, dan barang dagangan, mengukuhkan dirinya sebagai salah satu game paling ikonik dan berpengaruh dalam sejarah.

Resident Evil telah menjadi waralaba 'franchise' yang sangat terkenal hingga sekarang, bahkan rincian mengenai alur cerita dari gamenya menjadi pembahasan yang ditunggu di kalangan penggemar atau komunitas game.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kesuksesan dari waralaba Resident Evil ini, 

- Cerita yang diberikan menarik, elemen cerita merupakan inti dari permainan Resident Evil, jika melihat dari seri yang telah dirilis pada media permainan konsol (game), pemain akan mendapatkan kualitas cerita yang dibangun sangatlah baik dan mempengaruhi emosi pemain.

- Desain dan imersif yang menakutkan, dimulai dari elemen latar belakang, obyek musuh yang dihadapi, elemen obyek pendukung (pintu, pajangan, puzzle), pemain akan mendapatkan seluruhnya sinergi satu tema antara cerita yang diangkat dengan penyajian desain imersif lingkungan yang ditampilkan.

- Karakter yang ikonik, waralaba Resident Evil dikenal juga memiliki kualitas karakter yang ikonik dan mempengaruhi budaya pop (Pop Culture), sehingga pemain dapat merasakan perbedaan sifat, sikap dan perjuangan yang dirasakan oleh setiap karakter

- Inovasi Teknologi, untuk hal satu ini tidak diragukan lagi, Resident Evil termasuk 'pelopor' genre survival horror dari era Resident Evil 1 hingga era Resident Evil 8, pada setiap eranya menyajikan  inovasi gameplay yang diterapkan, mulai dari Quick Time Event, puzzle, cara mengalahkan zombie, dan lainnya, kita bisa melihat terdapat peningkatan dari setiap eranya.

- Kualitas yang tinggi, dan tentunya tim pengembang dari Resident Evil ini telah menunjukan profesionalisme serta eksekusi kerja keras dalam memberikan standar tinggi mereka dari segi grafis, musik, latar, semua itu sinergi demi kesuksesan Resident Evil.

Sinopsis Singkat Resident Evil 8 Village

Resident Evil 8 Village (2021) (dimulai 3 tahun setelah peristiwa yang terjadi di game Resident Evil 7 diliris pada tahun 2017).

Diceritakan, protagonis Ethan Winters telah tinggal bersama istrinya yang Mia telah memiliki putri yang baru lahir dengan nama Rosemary.

Tiba-tiba saja karakter Chris Redfield beserta timnya BSAA (Bioterrorism Security Assessment Alliance) Elite Hound Wolf Squad muncul, menyerang istri dari Ethan Winters, lalu menculik Ethan beserta bayi perempuannya.

Ditengah perjalanan penculikan Ethan, tiba-tiba tim BSAA (Bioterrorism Security Assessment AllianceElite Hound Wolf Squad mendapatkan serangan yang tidak diketahui sumber penyebabnya, diketahui latar lokasi berada di desa Eropa misterius yang terletak di Transylvania, Romania.

Petualangan Ethan Winters pun dimulai, untuk menyelematkan bayi perempuannya (Rosemary), dalam perjalannya Ethan Winters akan menghadapi mutan dan beserta empat penguasa yang memiliki kekuatan yang berbeda-beda : Lady Alcina Dimitrescu (Vampir) beserta 3 putrinya, Karl Heisenberg (Manusia Serigala), Salvatore Moreau dan Donna Benevanto.

Keempat penguasa tersebut diketuai oleh petinggi yang disebut 'Mother Miranda' yang kehadirannya disembah oleh penduduk desa.

Data Penjualan Game Resident Evil 8 Village

Dilansir dari data milik perusahaan pengembang game Resident Evil yaitu Capcom mengenai laporan penjualan game Resident Evil 8 : Village yang dirilis pada tanggal 7 Mei 2021 sampai dengan per tanggal 31 Desember 2021 telah mencapai angka penjualan sebesar 5.7 Juta unit diseluruh dunia dengan berbagai format media dukungan konsol platform game (PS5, Xbox Series, PS4, Xbox One, PC) [1].

Kesuksesan Resident Evil ini beringinan berjalan antara popularitas dari waralaba permainan tersebut dengan dampak yang diberikan terhadap kemajuan teknologi di dunia permainan konsol (game) terutama pada genre surival horror, tentunya hal tersebut merupakan pencapaian yang sangat luar biasa karena dalam melakukan sesuatu yang luar biasa tentu dibutuhkan konsistensi dan kerja keras.

Thumbnail

Sumber Gambar : Victoria Romanova a.k.a. Milligan Vick - Flickr.com

Referensi

[1] Gematsu.com