Menu dan Jenis Diet Andalan Terbaik

Menu dan Jenis Diet Andalan Terbaik

Menu dan Jenis Diet Andalan Terbaik

Ketika mendengar kata diet tentu akan identik dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. 

Nyatanya,  pada beberapa orang yang melakukan diet, ada juga yang bertujuan untuk mencapai pola hidup sehat meningkatkan berat badan, menjaga kualitas kesehatan, dan juga membentuk tubuh.

Sehingga diet tidak terus menerus diartikan seseorang dengan tujuan untuk menurunkan berat badan.

Agar dapat menjalankan diet secara sehat dan alami maka harus mengatur pola makan yang tepat dan benar. 

Biasanya menu diet sehat yang dikonsumsi ini bergantung kepada tujuan seseorang ketika ingin diet.  Untuk menurunkan berat badan, tentu menu makanan yang dipilih akan berpengaruh penting dalam menentukan hasil diet sehat yang akan dicapai.

Jenis Diet Sehat 

Diet sehat yang dilakukan sebagian orang bertujuan agar dapat menurunkan berat badan.

Namun sekarang ini banyak jenis diet sehat yang juga bertujuan tidak untuk menurunkan berat badan.

Di bawah ini akan diuraikan terkait jenis-jenis diet sehat yang harus anda ketahui terlebih dahulu sebelum memulai melakukan diet sehat :

1. Diet vegan

quinoa-mushrooms-lettuce-red-cabbage-spinach-cucumbers-tomatoes-bowl-buddha-dark-top-view_sm
Gambar hanya illustrasi

Seorang yang melakukan diet vegan ini umumnya tidak mengkonsumsi aneka makanan yang berasal dari hewan. 

Seorang yang melakukan diet vegan ini akan bertujuan untuk menjaga kualitas kesehatannya saja,  dan mereka juga akan menghindari mengkonsumsi produk-produk hewani seperti daging, susu, keju, yoghurt, telur, mayones, madu dan produk lainnya yang berasal dari hewan.

2. Diet Keto

plate-with-keto-diet-food-cherry-tomatoes-chicken-breast-eggs-carrot-salad-with-arugula-spinach-keto-lunch-top-view
Gambar hanya illustrasi

Diet keto merupakan cara diet yang dilakukan dengan cara mengkonsumsi Menu yang mengandung karbohidrat rendah atau bahkan tidak ada karbohidrat sama sekali.

Karena pada dasarnya ketika tidak adanya asupan karbohidrat tentu tubuh akan berada di kondisi ketosis yang mengakibatkan gula darah menjadi turun. Jenis diet ini dirasa cocok dilakukan bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Diet Mayo

Diet Jenis mayo ini merupakan diet yang dijalankan seseorang yang hanya memerlukan waktu 2 minggu saja dan menjamin penurunan berat badan yang sangat signifikan.

Dalam diet jenis ini pantangannya ialah garam dan makanan yang digoreng. Saat seorang yang melakukan diet jenis ini juga harus mengimbangi kegiatannya dengan cara berolahraga secara teratur dan juga minum air putih minimal 8 gelas sehari.

4. Diet South-Beach

Untuk jenis diet ini yaitu salah satu dari jenis Diet yang memang rendah karbohidrat. Karena ketika seseorang melakukan diet jenis ini akan lebih mengutamakan makanan yang lebih rendah karbohidrat dan protein yang tinggi. Selain itu juga mengkonsumsi lemak yang sehat.

5. Diet Mediteranian

Pada dasarnya orang yang melakukan diet jenis ini akan mengkonsumsi makanan yang berupa tanaman Seperti buah-buahan, kentang, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Namun pada jenis ini juga tetap mengkonsumsi protein hewani seperti telur, susu, keju dan yogurt dalam porsi yang relatif kecil. Selain itu mereka juga akan mengkonsumsi ikan atau seafood lainnya yang mereka terapkan dua kali dalam seminggu. 

Mereka juga mengkonsumsi lemak sehat yang direkomendasikan dalam jenis diet ini mereka juga mengkonsumsi daging merah dan gula namun hanya sekali saja dan tidak sering karena untuk mencapai keberhasilan dalam melakukan diet ini harus teratur dan harus menaati aturan yang benar dan tepat.

Menu Makanan Diet Sehat 

Ketika anda sudah mengetahui apa saja jenis diet yang ada tentunya Anda akan merasa kesulitan terkait memilih menu  diet sehat yang tepat bagi anda. 

Bisa jadi anda hanya ingin menjaga kesehatan saja tanpa mengejar target penurunan berat badan sehingga Anda juga bingung untuk mulai makan menu yang tepat setiap hari.

Pastikan anda harus menghindari mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan menu diet dalam porsi yang seimbang. 

Sehingga dibawah ini akan dijelaskan beberapa aneka jenis makanan diet sehat yang dapat anda terapkan dan dapat Anda coba keberhasilan diet anda dalam berbagai jenis diet yang sedang anda lakukan.

1. Sayuran

bottom-view-vegetables-fruits-zucchini-bell-peppers-quince-cherry-tomatoes-cumcuat-cabbage-lemon-pomegranates-kiwi-lettuce
Gambar hanya Illustrasi

Menu diet sehat yang pertama adalah sayuran. Tentu kita sudah tidak asing lagi, karena sayuran kaya akan serat mineral dan vitamin serta sayuran ini tidak mengandung lemak yang berlebih sehingga ketika anda menjalani diet, sangat tepat untuk mengkonsumsi sayuran agar dapat menjalankan diet yang sehat.

Ada beberapa sayuran yang baik jika dikonsumsi secara mentah namun ada pula yang baik jika dikonsumsi setelah di masak. 

Pada umumnya makanan dilihat dari sayuran ini berwarna merah yang justru akan mudah diserap oleh tubuh kita karena sudah mengalami proses pemanasan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

2. Buah-buahan

assorted-mixed-fruits
Gambar hanya illustrasi


Menu yang kedua adalah buah-buahan. Buah-buahan juga merupakan makanan sehat yang tidak mengandung lemak didalamnya. 

Di dalam buah-buahan juga mengandung mineral vitamin dan serat yang sangat tinggi yang dapat membantu kita dalam menjaga kesehatan tubuh serta melancarkan pencernaan.

Pada dasarnya buah akan baik apabila dikonsumsi langsung setelah kita potong-potong. Namun jika ada juga kurang menyukai buah dalam bentuk potongan tentu ada dapat mengolahnya terlebih dahulu dalam bentuk jus. 

Tapi harus diperhatikan bahwa Anda juga harus menghindari penggunaan gula yang berlebihan karena hal itu Justru malah menambah asupan kalori dalam kegiatan diet sehat yang sedang anda jalani.

3. Biji-bijian 

front-view-different-nuts-peanuts-hazelnuts-walnuts-white-surface
Gambar hanya illustrasi

Mereka yang sedang menjalankan diet juga disarankan untuk mengkonsumsi biji-bijian utuh seperti halnya protein, serat dan vitamin.

Jadi selain  adapula biji-bijian utuh lainnya yang dapat dikonsumsi seperti kacang-kacangan. 

Namun perlu diperhatikan bahwa Anda harus menghindari adanya penambahan gula dan garam serta pengolahan dengan minyak ataupun bahan yang masih bersumber dari lemak agar menu dari makanan diet yang ada maka nantinya akan tetap terjaga

4. Daging anti lemak

chopped-raw-meat-process-preparing-forcemeat-by-means-meat-grinder-homemade-sausage-ground-beef
Gambar hanya illustrasi


Hal ini pada umumnya daging yaitu salah satu sumber dari protein yang memang sangat baik yang sangat diperlukan langsung oleh tubuh. 

Hanya saja daging ini bisa digunakan sebagai salah satu makanan diet sehat namun juga dapat menjadi makanan jahat Ketika anda mengikutsertakan lemak dalam daging atau  anda keliru ketika menyajikan atau mengolah daging ini. 

Sehingga anda wajib berhati-hati dan harus memilih daging tanpa lemak serta ada juga harus menghindari memasak daging dengan menggunakan minyak atau mentega.

5. Oatmeal

healthy-breakfast-with-cereals-fruits
Gambar hanya illustrasi


Oatmeal sangat kaya akan serat yang dapat membantu untuk menyerap lemak yang ada dalam tubuh kita.

Maka oleh sebab itu makanan yang satu ini sangat baik ketika dikonsumsi oleh para pelaku diet sehat dan lebih cocok ketika dikonsumsi saat pagi hari dalam kondisi perut yang masih kosong.

Anda juga boleh untuk mencampurkan susu rendah lemak ataupun buah-buahan segar yang memperkaya kandungan nutrisi di dalamnya. Namun juga harus anda perhatikan bahwa Anda harus menghindari penambahan gula agar kalorinya tidak meningkat

Demikian uraian seputar dari jenis diet dan juga menu diet sehat yang nantinya bisa untuk anda coba.