10 Novel Terbaik dan Best Seller Sepanjang Masa

10 Novel Terbaik dan Best Seller

10 Novel Terbaik dan Best Seller Sepanjang Masa

Ingin membaca deretan novel terbaik dari dalam dan luar negeri tapi belum tahu judulnya? Berikut ini deretan referensi novel-novel paling laris sepanjang masa

Membaca novel adalah salah satu cara menemukan pengetahuan yang lebih unik dan tak terlupakan. Novel bukan sepenuhnya cerita fiksi, novel adalah karya yang berangkat dari fakta kehidupan manusia yang diangkat dalam sebuah gagasan baru. Novel terbaik adalah bacaan terbaik bagi kamu yang menyukai seni.

Sebuah karya sastra yang mampu menjadi potret utuh kehidupan manusia, itulah novel. Membaca novel aroma mancanegara dan karya-karya novelis Indonesia tentu memberikan suguhan suasana yang berbeda. Buat kamu yang butuh referensi novel best seller dan terbaik sepanjang masa, berikut ini referensinya.

  1. The Kite Runner

novel kite runner
Sumber Gambar : (Kite Runner) amazon.in

Sebuah karya monumental yang dihasilkan novelis asal Afganistan bernama Khaled Hosseini ini sangat pantas kamu jadikan sebagai referensi bacaan. Novel yang mengangkat kisah konflik di Afghanistan melalui tokoh Amir dan Hasan ini sukses diangkat ke layar lebar.

Kisah kemanusiaan dan konflik yang mengharu biru ini menjadi bacaan yang mengasyikkan bukan hanya bagi penikmat karya sastra tetapi juga buat kamu yang mengaku ingin menghasilkan karya novel. Khaled Hoseeini seolah ingin bercerita tentang kisah nyata hidupnya melalui novel memoar tersebut.

  1. Harry Potter

novel harry potter
Sumber Gambar : (Harry Potter) amazon.in

Popularitas novel karya JK. Rowling ini masih diakui abadi sepanjang masa. Novel ini menjadi salah satu referensi novel genre fantasi berkelas dunia. Kehidupan awal penulisnya yang sederhana dan jatuh bangun dalam hidup membuat karyanya akhirnya memiliki cerita istimewa di hadapan pembaca.

Hingga kini Harry Potter menjadi salah satu novel luar negeri yang best seller dan direkomendasikan untuk dibaca. Nama pengarang novelnya dikenal hingga oleh anak-anak di pelosok dunia.

Saat berada di Inggris kamu bisa menyaksikan orang-orang antre untuk makan di sebuah kafe yang konon dulunya sebagai tempat nongkrong JK. Rowling.

  1. Laskar Pelangi

novel laskar pelangi
Sumber Gambar : (Rainbow Troops / Laskar Pelangi) amazon.in

Menilik karya novel best seller Indonesia akan membuat kita ingat dengan sebuah karya monumental Andrea Hirata berjudul Laskar Pelangi. Novel bergenre edukasi ini sukses diterjemahkan di luar negeri dan hingga kini menjadi salah satu novel terbaik penjualannya di Indonesia.

Mengiringi nasih baik novelnya, film yang diangkat dari novel tersebut juga masih aman di posisi film box office tanah air. Kamu pecinta Laskar Pelangi?

  1. Anna Karenina

novel anna karenina
Sumber Gambar : (Anna Karenina) amazon.in

Kalau kamu kenal dengan pengarang dunia Leo Tolstoy tentu tak asing lagi dengan karyanya berjudul Anna Karenina. Tulisan yang dulunya ditulis secara berseri di Majalah The Russian Messenger pada tahun 1973 ini ditempatkan di posisi paling atas oleh Majalah Time sebagai novel terbaik pada masanya.

Novel ini mengisahkan tentang seorang ibu rumah tangga bernama Anna yang mengalami kekecewaan dan akhirnya melarikan diri bersama kekasihnya bernama Konstantin Levin. Buat kamu yang menyukai genre tulisan realisme sastra sangat cocok membaca novel luar negeri terbaik ini.

  1. Ayat-Ayat Cinta

novel ayat ayat cinta
Sumber Gambar : Ayat-Ayat Cinta (bukurepublika.id)

Beralih lagi ke Indonesia, salah satu novel religi terbaik Indonesia yang juga sukses di layar lebar adalah Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman Elshirazy. Pria lulusan Al Azhar Mesir tersebut sukses menyuguhkan tema religi yang cukup baharu di masanya sehingga membawa penjualan best seller novel ini.

Karya novel penulis asal Komunitas Forum Lingkar Pena tersebut semakin populer setelah sukses menduduki posisi box office di layar lebar. Dua seri novel Ayat-Ayat Cinta 1 dan 2 termasuk deretan novel best seller Indonesia beberapa tahun belakangan.

  1. Don Quixote

novel don quixote
Sumber Gambar : Don Quixote (amazon.in)

Buat kamu yang mencari novel lawas best seller sangat cocok membaca Don Quixote. Novel yang dirilis tahun 1612 ini ditulis oleh Miguel de Cervantes dan terjual hingga 500 juta copy, sangat fantastis bukan?

Novel ini membuktikan bahwa tulisan yang bagus tak akan pernah dibatasi oleh waktu, akan selalu dikenang dan diburu orang.

Novel yang mengisahkan tentang petualangan seseorang dari kalangan bangsawan bernama Alonso Quixano ini semakin unik saat sang tokoh akhirnya kehilangan kewarasan pikiran. Novel ini sangat cocok dijadikan sebagai referensi bagi yang ingin serius menulis novel.

  1. Cantik itu Luka

novel cantik itu luka
Sumber Gambar : (Cantik Itu Luka) amazon.in

Salah satu novel Indonesia yang mendunia lainnya adalah Cantik itu Luka karangan Eka Kurniawan. Novel ini sukses diterjemahkan di luar negeri dan mendapat banyak penghargaan. Karya lain dari Eka Kurniawan yang juga best seller adalah Manusia Harimau.

Pecinta karya Eka Kurniawan cukup menikmati novel-novelnya yang selalu best seller.

  1. The Great Gatsby

novel the great gatsby
Sumber Gambar : (The Great Gatsby) amazon.in

Novel ini menjadi salah satu referensi pembelajaran novel klasik yang diperkenalkan kepada mahasiswa di jurusan sastra. Novel berlatar kehidupan jazz di tahun 1920-an yang lalu ini akhirnya pada tahun 2013 diangkat ke layar lebar dan dimainkan oleh aktor Leonardo Dicaprio.

Novel yang ditulis oleh F. Scott Fitzgerald ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Nick Carraway yang berteman dengan tetangganya yang sangat kaya.

  1. Rindu

novel rindu
Sumber Gambar : (Rindu - Tereliye) lpmprofesi.com

Pengarang novel Indonesia yang hingga kini terus dikenal dengan karya-karyanya yang best seller adalah Tere Liye. Novel Rindu adalah satu dari sekian novelnya yang paling populer.

Sebuah novel yang mengisahkan tentang perjalanan ke tanah suci menggunakan cara yang masih klasik ini sukses diperbincangkan pecinta sastra pencerahan.

Tere Liye masuk dalam daftar penulis paling kaya di Indonesia. Deretan karya-karyanya memiliki fans fanatik dengan gaya bahasa khas penulisnya yang menjadi andalan. Kamu barangkali termasuk orang yang mengoleksi karya Tere Liye? Menurutmu apa yang menarik dari setiap novel yang ditulis sang pengarang?

  1. Bumi Manusia

novel bumi manusia
Sumber Gambar : (Bumi Manusia) - lazada.co.id

Di luar kontroversi kisahnya pengarang novel ini di zamannya, Bumi Manusia masuk dalam deretan novel sejarah terbaik di tanah air. Pramoedya Ananta Toer dikenal melalui karya-karyanya yang mendunia, bahkan namanya hampir dinobatkan sebagai peraih nobel sastra.

Buat kamu yang ingin membaca karya-karya Pramoedya Ananta Toer bisa membaca Tetralogi Buru yang berisi empat judul novel sekaligus.

Novel populer best seller di Indonesia juga sangat banyak. Namun, seiring dengan waktu nantinya akan teruji mana yang memang awet diperbincangkan dan mana yang akan dilupakan orang.

Semakin bagus sebuah karya novel maka usia perbincangannya akan semakin lama. Pengarangnya boleh mati, tetapi karyanya tetap hidup di hati pembaca.

Novel seperti apa yang jadi pilihanmu?

Kalau kamu berniat menjadi pengarang novel maka sebaiknya membaca referensi novel-novel yang sudah meraih penghargaan kelas dunia. Deretan novel-novel di atas bisa kamu jadikan referensi.

Membaca novel adalah membaca pengetahuan nyata melalui cerita fiksi yang menarik. Fiksi tak sepenuhnya fiksi, ia hanyalah potret kenyataan yang disuguhkan dalam suasana yang lebih segar dan baru.

Membaca novel akan membuat kamu kaya pengalaman dan cerita, pembelajaran kehidupan yang akan berkesan hingga ke dalam hati.

Membaca novel bukan semata-mata mencari hiburan. Ada banyak pelajaran kisah yang didasarkan fakta dan sangat penting untuk pembelajaran hidup.

Kadang sebuah rahasia pun bisa diungkap oleh seorang pengarang melalui karya novel. Sesuatu yang sulit diungkap melalui teks nonfiksi akan lebih mudah disajikan dalam novel.

Pilih novel terbaik untuk jadi referensi bacaan. Pelajari teknisnya jika ingin jadi pengarang novel. Baca kisahnya dan temukan maknanya.

Referensi : 
https://www.tokopedia.com/blog/top-novel-indonesia-terbaik-hbl/
https://www.gotomalls.com/articles/10-novel-indonesia-terbaik-sepanjang-masa?country=0&lang=en
https://www.gramedia.com/?utm_source=InvolveAsia&session_id=73c2a2e95129484990320a2c35e82969
https://hot.detik.com/book/d-4232758/5-novel-terbaik-sepanjang-masa-sudah-baca
https://www.gramedia.com/blog/daftar-novel-best-seller-lokal-internasional-terjemahan-mei-2019/