Panduan Google Classroom Mudah Menggunakannya Tanpa Ribet

Panduan Menggunakan Google Classroom


Panduan Google Classroom Mudah Menggunakannya Tanpa Ribet

Pembelajaran daring tengah digalakkan. Salah satu opsi aplikasi untuk menyokong belajar online adalah Google Classroom. Namun, tidak semua siswa atau guru mampu dengan baik menggunakannya. Untuk itu dibutuhkan panduan Google Classroom untuk guru maupun siswa.

Aplikasi Google Classroom ternyata mampu memfasilitasi kebutuhan belajar mengajar dengan mudah. Selain bisa diunduh untuk ponsel pintar atau tablet. Google Classroom juga bisa dibuka melalui browser di laptop. Tautan untuk membuka aplikasi ini di browser adalah https://classroom.google.com .

Untuk menggunakan Google Classroom, Anda bisa membuka browser di laptop Anda. Disarankan menggunakan Google Chrome. Masukkan tautan Google Classroom dan masuk menggunakan akun gmail.

Setelah masuk Google Classroom, Anda bisa langsung membuat kelas dengan klik Create Class lalu masukkan nama kelas, subjek, dan ruang. Lanjutkan dengan klik Create. Anda bisa menambahkan deskripsi, mata pelajaran, dan lokasinya. Ketiga pilihan ini opsional, tidak harus diisi.

Anda tidak perlu bingung bagaimana mendapatkan code Google Classroom karena Anda akan mendapatkannya secara otomatis. Kode ini nantinya bisa Anda gunakan untuk mengundang siswa ke dalam kelas yang sudah Anda buat.

Ada empat fitur di sini yaitu forum, anggota, tugas kelas, dan nilai. Fitur forum ini mirip dengan jejaring sosial karena Anda bisa memposting materi ataupun tugas untuk siswa.

Apabila Anda ingin memberikan pekerjaan rumah, manfaatkan fitur tugas. Di fitur ini juga Anda bisa melihat jawaban siswa di Google Classroom. Caranya klik tugas lalu lihat pertanyaan yang Anda berikan.

Di sana ada halaman berupa Jawaban Siswa. Anda bisa melihat status tugas siswa yang dikelompokkan menjadi empat yaitu ditugaskan, diserahkan, dinilai, dan dikembalikan. Untuk melihat jawabannya, klik nama siswa tersebut.

Setelahnya, Anda bisa memberikan komentar, menilai, atau mengembalikan tugasnya. Sedangkan fitur anggota untuk melihat siapa saja siswa yang hadir, semacam presensi. Terakhir menu nilai, di sini Anda bisa memberikan nilai atas pengerjaan tugas anak didik Anda.

Ada banyak keuntungan jika Anda menggunakan Google Classroom dibanding aplikasi belajar daring lainnya. Bagi Anda yang seorang guru, adanya aplikasi atau Google kelas ini sangat memudahkan dalam menyiapkan materi atau tugas dan membagikannya.

Anda juga akan menghemat waktu karena alurnya simpel, tidak menggunakan kertas dalam meninjau hasil kerja siswa. Semuanya bisa dilakukan dalam satu tempat sekaligus.

Komunikasi antar guru dan siswa pun bisa berjalan lebih lancar karena adanya jadwal yang konsisten. Guru lebih mudah mengirimkan pengumuman atau memulai diskusi. Bukan hanya guru, murid juga bisa dengan mudah berkomunikasi dengan murid lainnya atau berdiskusi menggunakan fitur diskusi.

Semua materi atau tugas yang diberikan akan secara otomatis tersimpan dalam folder Google Drive. Yang paling disukai dari aplikasi ini adalah penggunaannya yang aman dan terjangkau.

Aplikasi ini bebas iklan, sama seperti aplikasi edukasi lainnya. Konten Anda maupun siswa tidak digunakan untuk iklan dan tentunya gratis.

Hadirnya Google Classroom untuk memenuhi kebutuhan sekolah, guru, dan siswa ini tentu sangat disambut baik oleh berbagai kalangan. Banyak sekali manfaat Google Classroom untuk guru, siswa, maupun orang tua. Apalagi kehadirannya makin mempermudah kegiatan belajar mengajar online.

Orang tua juga tidak perlu lagi khawatir jika anaknya akan membolos karena bisa dipantau dari rumah. Namun, tanpa panduan Google Classroom bisa membuat pengguna pemula kebingungan. Untuk itu, pelajari dulu tutorialnya sebelum menggunakan agar tidak terkendala dan lancar kegiatan belajarnya.ua. Apalagi kehadirannya makin mempermudah kegiatan belajar mengajar online.