Bitcoin: Sejarah, Perkembangan, & Cara Mendapatkannya

Bitcoin: Sejarah, Perkembangan, & Cara Mendapatkannya

Bitcoin: Sejarah, Perkembangan, & Cara Mendapatkannya

Sejarah bitcoin sejak ditemukan oleh Satoshi Nakamoto dan perkembangannya dari waktu ke waktu hingga menjadi komoditas investasi yang cukup diminati.

Sejarah bitcoin cukup berliku. Sejak pertama kali rilis pada tahun 2009, hal ini jadi perbincangan banyak orang. Bahkan banyak yang berspekulasi bahwa bitcoin adalah penipuan.

Lalu sebenarnya apa itu Bitcoin? Apakah hal ini benar penipuan? Apakah bitcoin adalah perjudian

Silakan simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahuinya.

Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency

Banyak orang yang bingung dengan definisi cryptocurrency dan bitcoin. Pada dasarnya, cryptocurrency adalah istilah untuk menyebut mata uang digital. Nah, Bitcoin atau BTC merupakan salah satu jenis mata uang digital itu.

Bitcoin adalah mata uang digital atau cryptocurrency yang paling populer. Mata uang ini sama sekali tidak memiliki wujud fisik, terdistribusi secara digital, dan khusus untuk penggunaan transaksi digital peer to peer. 

Artinya, pemerintah tidak bisa mengatur penerbitan dan distribusi mata uang ini. 

Mata uang ini menggunakan landasan teknologi blockchain. Blockchain merupakan sekumpulan transaksi (blok) yang tercatat di buku catatan publik (chain). Setiap blok saling bertautan dan membentuk rantai blok.

Blok bisa diciptakan oleh suatu jaringan komputer berspesifikasi tinggi. Anda bisa menyebutnya dengan istilah Bitcoin mining atau penambangan BTC. Nah, miner yang berhasil menciptakan blok baru akan mendapatkan hadiah berupa BTC.

Sejarah Bitcoin

infografis sejarah bitcoin
Sumber Gambar : Free Copyright Image

Pencipta Bitcoin adalah seorang misterius yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. Satoshi Nakamoto sudah mengerjakan hal ini sejak tahun 2007. 

Pada tahun Agustus 2008 domain bitcoin.org didaftarkan. Selang beberapa bulan kemudian, Satoshi Nakamoto mengenalkan konsep mata uang ini pada anggota sebuah milis kriptografi. Dia menjelaskannya melalui sebuah paper berjudul “Bitcoin: A Peer-to-Peer Electronic Cash System”.

Baru pada awal tahun 2009, Satoshi Nakamoto menerbitkan Bitcoin sebagai software sumber terbuka. Dari sinilah sejarah bitcoin dimulai

Hal Finney menjadi salah satu orang pertama yang menjalankan BTC. 

Satoshi Nakamoto juga melakukan transaksi BTC untuk pertama kali dengan Hal Finney. Satoshi memberikan 10 koin sebagai percobaan, setelah Hal Finney melakukan mining 170 blok.

Transaksi di dunia nyata untuk pertama kali terjadi pada tahun 2010. Seorang penambang BTC membeli 2 pizza Papa John's di Florida dengan biaya 10.000 BTC.

Pada akhir 2010, Satoshi Nakamoto mendelegasikan pengembangan BTC pada Gavin Andresen. Sejak saat itu, jaringan mata uang ini mulai di-desentralisasi. Satoshi Nakamoto pun mulai menghilang.

Sejak BTC mulai didesentralisasi, hal ini jadi semakin populer dan perkembangan Bitcoin mulai terlihat jelas.  

Perkembangan Bitcoin

infografis harga btc bitcoin
Sumber Gambar : Free Copyright Image

Selepas 2010, BTC jadi semakin populer. 
Terlebih lagi sejak adanya Mt. Gox yang jadi bursa BTC terbesar. Perusahaan ini berpusat di Tokyo, Jepang.

Pada tahun 2012, nilai tukar BTC masih US$ 11,04 dan mengalami kenaikan cukup pesat di tahun 2013. Nilai tertingginya mencapai US$ 1.068 di akhir tahun. Mungkin itu terjadi karena di tahun 2013 mulai banyak investor yang membelinya secara massal.

Di tahun tersebut, ATM BTC untuk pertama kali beroperasi. Perusahaan Robocoin yang menginisiasinya. Perusahaan tersebut menempatkan ATM BTC pertama itu pada suatu kedai kopi di Vancouver.

Transaksi di hari pertama sudah mencapai US$10.000 dalam BTC. Sayangnya, pada tahun 2014 terjadi skandal di Mt. Gox. Perusahaan ini kehilangan aset hingga 850.000 BTC (setara $ 450 juta dolar pada waktu itu). 

Di tahun itu juga Mt. Gox bangkrut. Pihak jaksa pada waktu itu menuduh Mark Karpeles selaku CEO Mt. Gox melakukan manipulasi data dan memindahkan jutaan BTC ke rekening pribadi, tapi Mark Karpeles mengelak. Ia menuduh para peretas lah yang menyebabkan kerugian itu.
Kasus tersebut membuat banyak investor marah. Reputasi BTC yang mulai positif jadi hancur.

Hal ini mengakibatkan penurunan nilai BTC yang cukup pesat. Di Desember 2014 nilai tukar BTC hanya US$ 373,74. Desember 2015 baru terjadi sedikit kenaikan jadi US$ 427, 74. 

Trend mulai positif di tahun 2016, nilai tukarnya naik 55% jadi US$ 964,73. Pada tahun 2017, bahkan kenaikannya cukup gila-gilaan dan sempat menyentuh US$ 19,783.06 berdasarkan Index Coindesk.

Sayangnya di tahun 2018 - 2019, nilai tukar BTC menukik cukup tajam. 
Tapi di akhir 2020, nilai tukar BTC hampir menyentuh US$ 29.000.

Masa Depan Bitcoin

Dunia sudah mulai bisa menerima konsep blockchain, tapi pro kontra memang tidak bisa terelakan.

Elon Musk (CEO Tesla) adalah salah satu tokoh yang sangat optimis dengan masa depan Bitcoin dan cryptocurrency secara umum. 

Sejak ia melakukan transaksi pembelian BTC dalam jumlah besar, trend BTC meningkat tajam.  Di Maret 2021 ini, nilai BTC bisa mencapai lebih dari US$ 61.000. 

Di sisi lain, Bill Gates jadi tokoh besar yang kontra dengan sistem ini.  Ia menyoroti masalah lingkungan akibat penambangan BTC yang mengkonsumsi listrik dalam skala besar setiap harinya. Selain itu, ia juga menyoroti fluktuasi nilainya.
Kenyataannya, nilai BTC memang cukup fluktuatif bahkan relatif tidak stabil. 

Jika Anda ingin berinvestasi di BTC, Anda harus siap jantungan. Potensi keuntungannya memang sangat besar, tapi potensi kerugiannya juga tidak kalah besar.

chart perkembangan harga btc bitcoin
Sumber Gambar : (Bitcoin) - id.tradingview.com

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Apakah bitcoin legal di Indonesia? 
Sebenarnya, pemerintah masih melarang penggunaan BTC untuk bertransaksi jual beli di Indonesia, tapi Anda bisa berinvestasi di mata uang ini.

Per 2019, Dewan Pengawas Bursa Berjangka di Indonesia sudah menyatakan bahwa BTC sudah legal sebagai komoditas. Bahkan awal tahun ini BAPPEBTI mengeluarkan daftar Cryptocurrency yang bisa jadi komoditas investasi.
BAPPEBTI juga sudah menetapkan beberapa pedagang Cryptocurrency yang legal/resmi, misalnya: Luno, Indodax, Bitocto, Pintu, Zipmex, Upbit, Digital Exchange Indonesia, dll.

Jenis-jenis Coin Crypto

icon coin cryptocurrency
Sumber Gambar : Free Copyright Image

Selain Bitcoin, masih ada banyak aset Cryptocurrency lainnya. 
BAPPEBTI telah mengeluarkan 229 jenis cryptocurrency yang bisa diperjualbelikan di Indonesia. Anda bisa melihat daftarnya di sini.

Di antara 229 jenis tersebut, setidaknya ada beberapa jenis Cryptocurrency yang cukup populer dalam dunia investasi, yaitu:

- Ethereum (ETH)
- Litecoin (LTC)
- Bitcoin cash (BCH)
- Ripple (XRP)
- Tether (USDT)
- Basic Attention Token (BAT)
- Stellar Lumen (XLM)
- dll.

Cara Mendapatkan Bitcoin

Anda bisa mendapatkan BTC atau Cryptocurrency lainnya dengan membelinya di platform perdagangan Cryptocurrency.

Meski begitu, banyak orang yang tertarik dengan cara mendapatkan Bitcoin gratis. 

Apakah hal ini memungkinkan? Beberapa orang menyarankan beberapa metode seperti airdrop, kompetisi trading, atau afiliasi BTC untuk mendapatkan upah berupa BTC.  

Sebenarnya, cara lazim lainnya untuk mendapatkan BTC adalah dengan melakukan penambahan atau mining, tetapi mining BTC membutuhkan modal yang cukup banyak. Misalnya untuk menyediakan hardware pendukung dan biaya listrik yang sangat tinggi.

Memang BTC hasil mining lebih tinggi nilainya, tapi biaya operasionalnya juga tidak kalah tingginya. Menurut Oscar Darmawan selaku CEO Bitcoin Indonesia, untuk saat ini, melakukan trading BTC jauh lebih masuk akal. Dengan modal kecil sekalipun, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan.
Itu dia sedikit ulasan tentang sejarah Bitcoin

Sepertinya di masa depan nanti, mata uang ini akan semakin lazim digunakan untuk bertransaksi. Anda harus siap dengan kemungkinan tersebut. 

Referensi :

https://www.techfor.id/mengenal-sejarah-bitcoin-dan-nilainya-dari-masa-ke-masa/
https://inet.detik.com/cyberlife/d-5392030/apa-itu-bitcoin-dan-cara-dapatnya-untuk-pemula
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5274296/mengulas-sejarah-bitcoin-dan-siapa-penciptanya
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210122132253-37-218020/resmi-ini-cryptocurrency-yang-diakui-di-ri-termasuk-bitcoin/2
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20181102214435-37-40425/kini-berharga-rp-96-juta-selamat-ulang-tahun-ke-10-bitcoin
https://www.forbes.com/sites/bernardmarr/2017/12/06/a-short-history-of-bitcoin-and-crypto-currency-everyone-should-read/?sh=7a0cb8123f27
https://blog.pluang.com/artikel/uang/sejarah-dan-perkembangan-bitcoin/#:~:text=Sejarah%20Bitcoin%20diawali%20dengan%20kemunculan,open%20source%20perangkat%20lunak%20Bitcoin.
https://www.cnbcindonesia.com/opini/20200726140017-14-175473/blockchain-teknologi-ajaib-di-balik-kehebatan-bitcoin