10 Tips Persiapan Ujian Mandiri PTN Agar Lolos

 10 Tips Persiapan Ujian Mandiri PTN Agar Lolos

10 Tips Persiapan Ujian Mandiri PTN Agar Lolos

10 tips persiapan ujian mandiri PTN agar lolos dan masuk sesuai harapan. Biasanya setelah lulus SMA atau SMK maka ingin melanjutkan cita-cita berkuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Namun terkadang peluang SMBPTN ini belum sesuai hasilnya. Maka lakukan persiapan maksimal saat akan ujian mandiri, apa saja yang penting dilakukan?

1.Latihan Terus Sebelum Ujian

Gambar Materi Geometri
Sumber Gambar : (Studying Geometri) - Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay 

Sejak lulus jenjang pendidikan menengah, maka sudah seharusnya mempersiapkan belajar. Yaitu dengan melakukan latihan soal secara terus menerus. Pasalnya hal ini penting dilakukan jauh sebelum ujian, agar lebih menguasai materi tes. Juga akan lebih banyak memperkaya pengetahuan, sehingga saat ujian akan lebih siap.

Latihan ini juga diperlukan untuk selalu mengasah kemampuan yang penting. Dimana hal tersebut menjadi modal utama untuk bisa melewati soal ujian yang rumit. Jadi nantinya akan lebih siap dengan segala kondisi ketika ujian.

2.Cari Informasi PTN

Hal penting ketika persiapan ujian mandiri PTN adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait suatu PTN. Misalnya saja tentang akreditasinya, akreditasi masing-masing fakultas / jurusan dan sebagainya. Maka hal ini harus diperhatikan agar tidak salah pilih PTN ketika akan melanjutkan kuliah.

Tentunya masing-masing PTN punya banyak info berbeda, terkait pendaftaran, prosedur, cara dan sebagainya. Apalagi kuota jumlah yang akan diterima pada PTN tersebut. Maka sebelum memilih dan mendaftar, pastikan PTN yang dipilih sudah sesuai dengan keinginan.

3.Pastikan Jurusan Sesuai Minat

Gambar Penggambaran Minat

Ketika memilih sebuah jurusan di suatu kampus, maka perhatikan minat diri, apakah sudah sesuai? Minat adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan diri sendiri. Pasalnya minat ini penting untuk keberlanjutan kuliah ke depannya. Orang yang minatnya tinggi maka akan mudah menjalani hari kuliahnya.

Pasalnya ketika seseorang salah memilih jurusan, akibatnya akan tidak baik. Terutama pada proses perkuliahan yang dilakukan. Yaitu ada kemungkinan semakin lama lulus atau yang paling ekstrim adalah berhenti kuliah. Maka saat akan mencari jurusan kuliah di PTN, carilah sesuai minat dan yang sangat disukai. Hal ini penting bagi keberlanjutan untuk masa depan.

4.Lihat Jadwal Ujian

Selanjutnya untuk memastikan bahwa persiapan ujian mandiri PTN lancar, maka lihatlah jadwal ujiannya. Tentunya masing-masing PTN ini punya jadwal sendiri pada saat akan ujian. Maka penting untuk bisa melihat waktunya. Agar tidak saling bentrok ketika melaksanakan ujian yang akan dilakukan. Bahkan biasanya ada yang melaksanakan ujian suatu kampus dengan kampus yang lainnya diadakan pada jadwal yang sama.

5.Metode Ujian dan Materi Seleksi

Hal penting lainnya yang wajib diperhatikan ketika persiapan adalah dengan memilih metode ujian. Ada kampus yang tanpa tes dan hanya berdasarkan seleksi nilai raport. Ada pula yang langsung melaksanakan tes dan hasilnya berdasarkan tes. Pertimbangkan pula tentang hal tersebut, bisa dengan tanpa ujian dan bisa dengan ujian secara langsung di kampus yang dipilihnya.

Selajutnya tentang materi seleksi, hal ini sangat penting bahwa materi seleksi harus dipelajari dengan detail dan secara sempurna. Dimana saat ujian harus tepat sasaran dan perhatikan secara detail materi. Tentunya materi ini sama dengan hal yang sudah biasa dipelajari berhubungan dengan seleksi yang akan dilaksanakan.

6.Perhatikan Syarat Daftar

Ketika akan mendaftar ujian, maka persiapan ujian mandiri PTN harus melihat detai syaratnya. Hal ini penting guna kelayakan berkas pendaftaran. Maka saat akan mendaftar ke sebuah PTN perhatikan persyaratannya. Hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk bisa mengikuti tes seleksi yang akan diadakan tersebut.

Syarat daftar ini berhubungan dengan bagaimana sebuah kampus akan menerima mahasiswanya. Misalnya saja jika jalur prestasi maka siapkan berkas yang berkaitan dengan prestasi yang pernah diraih. Kemudian ketika jalur nilai rapor maka siapkan rapor sebagai syaratnya. Selanjutnya jika tes maka perhatikan kapan pelaksanaan tes dan segera siapkan hal tersebut secara rinci.

7.Pilih Tes Yang Berhubungan

Pentingnya memilih tes yang berhubungan, artinya melakukan antisipasi apa saja tes yang akan diujikan. Hal ini penting dan erat kaitannya dengan persyaratan kampus yang akan dipilih. Pada saat akan memilih ujian mandiri PTN maka tentu akan memilih beberapa alternatif. Oleh karena itu, pilihlah tes yang berhubungan satu dan lainnya.

Kenapa harus berhubungan, agar secara pengajaran bisa melaksanakan dengan mudah dan bisa menyesuaikan. Tentunya jika memilih jurusan yang setipe harapannya tes yang dilaksanakan bisa saling berhubungan. Misalnya saja dari tipe soal yang mirip dan sebagainya. Hal ini juga berguna agar lebih efektif lagi dalam belajar.

8.Eksplorasi Program Studi

Pentingnya persiapan ujian mandiri PTN ini memang harapannya agar bisa lolos. Namun sebelum itu, lakukan eksplorasi program studi mana yang layak untuk dipilih. Cobalah lihat akreditasinya, seperti apa mutunya dan sebagainya. Sehingga ke depannya nanti program studi tersebut sudah sesuai minat dan bakat yang dimiliki saat ini.

Program studi juga erat kaitannya dengan mata kuliah apa saja yang harus disiapkan untuk bisa melaksanakannya. Maka hal ini penting dalam dunia kuliah, dimana mata kuliah adalah pelajaran yang akan dijumpai setiap waktu. Jadi sangat mungkin untuk melihat seperti apa dan mempersiapkannya. Pasalnya beda jurusan tentu beda mata kuliah yang nantinya akan diambil.

9.Ada Tes Langsung, Ada Yang Online

Pentingnya memperhatikan tes yang dilakukan juga berhubungan dengan persiapan sebelum ujian. Pasalnya kedua tes ini tentu berbeda secara suasana, apalagi jika harus tes langsung. Maka pada saat akan mendaftar perguruan tinggi yang sesuai, harus melihat apakah melaksanakan tes secara langsung atau tidak.

Jika langsung artinya pendaftar harus datang ke kampus tersebut dan melakukan serangkaian tes yang ada disana. Kemudahan yang didapatkan ketika tes harus online, maka biasanya tes online ini langsung terlihat hasilnya ketika akan mendaftar. Jadi penting sekali untuk bisa mendapatkan kemudahan ketika akan melakukan tes mana yang lebih mudah dan bisa dilakukan.

10. Cermat dan Teliti

Terakhir ketika harus ujian maka lakukan dengan kecermatan dan ketelitian ketika harus menjawab soal. Hal ini penting dalam penentuan kelulusan yang akan didapatkan pasca tes mandiri di PTN. Jangan sampai akibat ketidaktelitian justru menjadi semakin rumit dan hasilnya pun tidak maksimal.

Sejak awal mendaftar, ketelitian dan cermat ini hal yang harus diutamakan dalam menghadapi ujian PTN. Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal juga bisa memperoleh apa yang diinginkan dengan lebih baik lagi.

Maka ketika melakukan persiapan ujian mandiri PTN memang harus sesuai dengan prosedur yang ada. Beberapa cara diatas bisa dilakukan dengan cara maksimal agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Selanjutnya lakukan dengan cermat agar mendapatkan apa yang dicitakan.