Menelusuri Asal Usul Komik Naruto, Karya Masashi Kishimoto

Naruto Sasuke
Sumber Gambar : Naruto Sasuke Viz.com Shueisha Inc.

Menelurusi Asal Usul Komik Naruto, Karya Masashi Kishimoto - Siapa tak kenal karakter komik Naruto? Sosok Naruto sangat populer di kalangan masyarakat khususnya pecinta anime. Meskipun tokoh animasi, namun karakter Naruto begitu kuat melekat di hati masyarakat. Alur ceritanya selalu dinantikan oleh para penggemar. Mari simak lebih jauh sejarah kisah Naruto termasuk tentang kisah sang penulis, Masashi Kishimoto!

Sejarah Masashi Kishimoto

Sumber Gambar : Facebook - Masashi Kishimoto Facebook

Sosok di balik tokoh Naruto yang sangat terkenal itu adalah pria bernama Masashi Kishimoto. Nama Masashi ikut melambung seiring dengan semakin populernya kisah Naruto. Masashi mulai menunjukkan bakat menggambarnya sejak kecil. Ia juga merupakan penikmat film kartun dan Doraemon menjadi salah satu karakter kartun favoritnya.

Hobi menggambar Masashi semakin berkembang saat pria ini duduk di bangku SD. Ia bahkan sering membimbing teman-temannya menggambar karakter kartun favorit. Masashi menghabiskan banyak waktu luangnya untuk menggambar. Banyak sekali hasil gambar Masashi yang terus-menerus ia kumpulkan sejak kecil.

Selain Doraemon, Masashi juga sangat menyukai karakter kartun Dragon Ball. Manga Dragon Ball memang sangat populer di Jepang dan membuat banyak orang terobsesi. Salah satunya adalah Masashi yang kemudian menggambar karakter Dragon Ball ini berkali-kali. Masashi juga sangat mengagumi poster film Akira karya Katsuhiro Ootomo. Gambar ini menjadi salah satu inspirasi Masashi dalam menekuni profesi kartunis.

Masashi menulis karya komik pertamanya pada saat ia duduk di kelas XI. Komik tersebut terdiri dari 31 halaman. Sayangnya komik ini tidak mendapatkan respon yang baik dari orang-orang di sekitar Masashi. Namun, bermula dari komik 31 halaman ini Masashi mulai belajar lebih banyak lagi dalam menggambar anime.

Profil Penulis Masashi Kishimoto dan Karyanya

Mengagumi cerita Naruto tentu tak akan terasa cukup jika tak mengenal sosok penulisnya lebih jauh lagi. Masashi Kishimoto merupakan pria kelahiran Nagi, Okayama, 8 November 1974. Ia menetap di Okayama dan memiliki seorang saudara kembar bernama Seishi Kishimoto. Masashi mengawali kariernya sebagai penulis manga sejak tahun 1995 silam.

Telah disebutkan sebelumnya bahwa sosok Masashi telah memiliki bakat menggambar sejak kecil. Demi mengembangkan bakat tersebut, Masashi mengambil program pendidikan di akademi seni. Manga Naruto yang saat ini membuatnya populer itu mulai ia kerjakan setelah berhasil lulus kuliah. Tepatnya pada tanggal Agustus 1999 manga tersebut pertama kali dirilis dan sampai sekarang terus dinantikan para penggemar.

Ada banyak sekali karya manga yang telah ditulis oleh Masashi. Berikut ini adalah beberapa judul manga hasil karyanya:
Bench One-shot (2010)
Naruto (1999)
Karakuri (1998)
Naruto Pilot (1997)
Karakuri One-shot (1996)

Selain menulis manga,  Masashi juga mengeluarkan beberapa judul buku. Tentunya buku-buku yang ia tulis tidak jauh dari kisah-kisah Naruto. Berikut adalah beberapa judul buku hasil tulisan Masashi yang telah dirilis ke publik:
Naruto: First Official Data Book
Naruto: The Official Fanbook
The Art of Naruto: Naruto
The Art of Naruto: Uzumaki
Paint Jump: Arti of Naruto

Sampai detik ini Masashi masih terus menekuni karier sebagai penulis manga. Kemampuannya dalam menggambar terus berkembang. Karakter Naruto yang telah ia ciptakan juga menjadi salah satu karakter anime favorit di seluruh dunia. Tulisan Masashi tentunya juga digemari oleh banyak orang dan membuat episode Naruto selalu dinantikan.

Sejarah Tercetusnya Ide Naruto

naruto
Sumber Gambar : Naruto Pixabay.com

Popularitas karakter Naruto tak perlu diragukan lagi. Tokoh anime yang satu ini sudah sering muncul di berbagai media. Naruto itu sendiri merupakan kisah manga yang menceritakan kehidupan tokoh bernama Naruto Uzumaki. Naruto ini adalah sosok ninja remaja yang memiliki sifat hiperaktif, ambisius, dan sangat cerewet. Dikisahkan bahwa Naruto ingin mewujudkan impiannya mendapatkan gelar ninja terkuat, Hokage.

Manga Naruto ini pertama kali dirilis di Jepang yakni oleh Shueisha tepatnya pada tahun 1999. Manga tersebut dimuat untuk pertama kali di majalah Shonen Jump edisi ke-43. Tak butuh waktu lama sejak dirilis, manga ini langsung menarik perhatian publik dan digemari oleh banyak orang. Setelah itu Indonesia juga menerbitkan manga ini melalui Elex Media Komputindo.

Naruto meraih sukses besar di Jepang. Bahkan popularitasnya menyaingi karakter manga Dragon Ball. Melihat popularitasnya yang begitu tinggi, manga ini kemudian diangkat menjadi sebuah serial anime. Serial anime Naruto kemudian diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex. Anime ini tayang untuk pertama kalinya di Jepang lewat TV Tokyo serta jaringan khusus Animax di tahun 2002 silam.

Masashi menciptakan karakter Naruto  ini karena terinspirasi oleh banyak karakter anime yang ada di Jepang. Dragon Ball merupakan salah satu karya anime yang memberi banyak inspirasi bagi Masashi dalam menciptakan Naruto. Lewat Naruto, Masashi ingin menghadirkan karakter ninja remaja yang ceria dan penuh semangat.

Sinopsis Singkat Naruto

naruto wallpaper
Sumber Gambar : Naruto wallpaperaccess.com

Kisah Naruto dimulai ketika ada monster rubah berekor sembilan yang disebut Kyuubi. Monster ini menyerang desa Konoha yang ada di negara api. Serangan tersebut mengakibatkan munculnya kekacauan di desa Konoha. Pada akhirnya muncul sosok Yondaime Hokage yang kemudian berhasil melenyapkan Kyuubi. Ia menyegel sebagian chakra Kyuubi ke tubuhnya sendiri dan sebagian lagi ke tubuh anaknya, Naruto.

Sampai usia 12 tahun, Naruto Uzumaki tidak tahu bahwa di dalam tubuhnya terdapat sebagian chakra Kyuubi. Ia tumbuh menjadi remaja yang sering membuat onar di desa Konoha. Sampai akhirnya Naruto bertemu dengan Iruka. Pada pertemuan tersebut Iruka menolong Naruto dan mengalami luka parah akibat serangan Mizuki. Naruto marah melihat kejadian tadi dan mempraktekkan jurus seribu bayangan yang ia pelajari.

Jurus seribu bayangan yang dipraktikkan Naruto sukses membuat Mizuki kabur. Setelah pertarungan ini, Iruka kemudian memberikan ikat kepala kepada Naruto. Ikat kepala ini menjadi simbol pengakuan bahwa Naruto layak menjadi ninja dan kini sah menjadi Genin. Padahal sebelumnya Naruto selalu dilarang menjadi ninja. Akhirnya petualangan Naruto sebagai Genin dimulai dan ia bertemu dengan banyak teman.

Anime dan serial Naruto ini menceritakan tahap demi tahap yang harus dilalui Naruto Uzumaki untuk mencapai tingkatan ninja tertinggi. Dalam perjalanannya Naruto bertemu dengan banyak teman dan lawan. Naruto juga mempelajari begitu banyak jurus dalam perjalanannya sebagai Genin.

Status Franchise Naruto, Apakah Masih Dilanjutkan?

boruto
Sumber Gambar : Boruto viu.com

Publik mengenal Naruto sebagai salah satu serial anime terpanjang yang pernah ada. Naruto memang berhasil memikat perhatian banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Melalui serial Naruto dan Naruto: Shippuden, karakter anime ini telah menghibur para penggemar dengan total 720 episode.

Saat ini perjalanan Naruto dilanjutkan dengan Boruto: Naruto Next Generations. Tentunya tak ada yang bisa memperkirakan seperti apa kelanjutan kisah tokoh anime yang satu ini. Sampai sekarang kisah Boruto sebagai generasi Naruto masih terus dibuat. Para penggemar juga masih terus mengikuti kisah Boruto sampai detik ini.

Popularitas Naruto di berbagai negara membuat nama sang penulis Masashi Kishimoto juga ikut terkenal. Masashi dianggap sebagai penulis anime brilian yang mampu membangun karakter Naruto begitu kuat. Bisa dikatakan bahwa Naruto merupakan salah satu karakter anime terpopuler dan memberi pengaruh besar di berbagai negara.