5 Tips Mengatasi Susah Tidur

5 Tips Mengatasi Susah Tidur

5 Tips Mengatasi Susah Tidur

Di internet tentu sudah banyak informasi terkait cara untuk mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia, karena terkadang gangguan susah tidur ini bisa jadi menimbulkan berbagai macam dampak pada kesehatan salah satunya adalah stres yang berkepanjangan.

Sehingga tidak ada salahnya pula jika seseorang yang memiliki pola tidur yang tidak teratur atau bahkan kurang tidur ini cenderung lebih mudah marah dan kelelahan secara emosional.

Maka di bawah ini akan dijelaskan terkait tips mengatasi susah tidur yang bisa Anda coba :

 1. Mengatur jadwal tidur 

tempat-tidur-tidur-malam
Sumber Gambar : (Sleep) - Gambar oleh wixin lubhon dari Pixabay 

Bisa jadi Anda memang sudah memiliki waktu tidur yang optimal tetapi anda juga harus menyelesaikan terkait waktu tidur anda secara bertahap. Sehingga Anda akan lebih mudah menjalani tidur secara teratur. 

Contohnya Jika Anda biasa tidur hanya 3 jam sehari maka anda dapat menambah  waktu yang lebih lama sedikit demi sedikit yang dapat anda lakukan secara bertahap. 

Jika Anda mulai menambahkan jam tidur selama 20 menit di malam ini maka anda juga harus menampilkan waktu 20 menit lagi di malam yang berikutnya dan lakukan Cara ini agar anda dapat terbiasa tidur cukup di malam hari.

Selain  itu Anda juga harus mempertahankan jam bangun anda karena hal ini cukup efektif untuk mengatasi gangguan susah tidur.

Malah anda harus menghindari kebiasaan membalas dendam agar tidur selama belasan jam di hari libur karena hal tersebut justru akan memperburuk jam tidur anda dan juga cara yang anda lakukan itu juga tidak dapat mengatasi stres karena gangguan tidur.

 2. Menciptakan suasana  nyaman  

bantal-tempat-tidur-seperai
Sumber Gambar : (Sleep) - Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay 

Tips mengatasi susah tidur yang kedua yang dapat anda lakukan untuk mengatasi gangguan susah tidur adalah Anda dapat menciptakan suasana tidur yang nyaman dan tenang di sekitar area tidur.

Contohnya Anda harus membersihkan atau merapikan kamar sebelum tidur. Tak  hanya itu Anda juga dapat menggunakan kamar ketika akan benar-benar tidur karena hal ini juga berpengaruh agar anda lebih merasa rileks dan segera tertidur. 

Hal ini juga dapat anda terapkan dengan mengubah suasana kamar menjadi nyaman seperti contoh di bawah ini :

Upayakan suhu kamar anda akan selalu dingin dan berikan suasana di dalam kamar menjadi tenang 

Anda dapat mematikan semua cahaya atau penerangan yang ada dan juga menonaktifkan alarm ataupun ponsel Anda 

Anda dapat melakukan rutinitas sebelum tidur agar mempersiapkan tidur anda untuk lebih baik

Anda juga dapat menyalakan alarm agar bisa bangun tepat waktu di setiap hari termasuk di akhir pekan 

Jika anda masih tidak bisa tidur, maka dapat keluar dari kamar sejenak kurang lebih setengah jam serta anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang dapat membantu anda untuk menenangkan diri dan merilekskan di ruangan lain sampai timbul rasa kantuk.

 3. Membatasi konsumsi zat tertentu 

Tips yang selanjutnya adalah, Anda dapat mengatasi gangguan susah tidur dengan adanya pembatasan mengkonsumsi zat yang bisa jadi sebagai pemicu susah tidur terutama adalah Kafein. 

Pada umumnya kafein akan sangat memicu gangguan susah tidur yang anda alami, maka dari itu sangat disarankan agar anda membatasi konsumsi kafein yang dapat mengganggu tidur nyenyak anda.

Namun Anda dapat atau masih boleh mengkonsumsi minuman berkafein, dengan catatan anda juga harus memastikan bahwa asupan kafein yang anda terima tidak berlebihan ketika ingin tidur.

Karena pada umumnya kafein ini dapat mengganggu proses tidur anda akan dapat mencegah anda untuk tidur. Untuk mengganti minuman berkafein ini alangkah lebih baik yang ada minum susu ataupun teh herbal.

 4. Melakukan olahraga secara rutin

kluoscom-bed-1575460_1920.jpg
Sumber Gambar : (Sleep) - Gambar oleh ErikaWittlieb dari Pixabay 

Tips selanjutnya adalah Anda harus rutin berolahraga.  Pada dasarnya olahraga ini memang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah dapat membantu anda tertidur dengan lelap ketika di malam hari.

Dengan berolahraga seperti berjalan kaki ataupun berenang bahkan hanya melepaskan ketegangan  yang Anda rasakan pun yang anda alami juga dapat menjadikan tidur anda terasa lebih nyenyak dan nyaman.

Tetapi anda harus memastikan bahwa anda juga jangan berolahraga yang terlalu berat Khususnya ketika mendekati jam tidur.

Memang pada dasarnya olahraga dapat dilakukan di siang atau sore hari tetapi jika terpaksa berolahraga di waktu malam, maka diusahakan bahwa anda sudah selesai berolahraga setidaknya satu jam sebelum waktu tidur biasanya.

 5. Mencari bantuan profesional 

Jika Anda masih belum dapat mengatasi gangguan susah tidur, maka anda direkomendasikan harus mencari bantuan orang yang lebih profesional agar dapat mengatasi susah tidur. 

Hal ini bertujuan agar dapat mencari tahu apa penyebab masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh anda.

Karena pada dasarnya gangguan tidur yang dialami sebagian orang ini berasal dari kesehatan mental, maka dari itu Anda dapat mencari bantuan orang yang lebih profesional seperti psikolog yang dapat mengatasi stres akibat kurang aktif atau tidur anda yang terganggu.

Pastinya nanti psikolog akan dapat memberikan saran ataupun terapi kognitif dan mengetahui terkait penyebab terjadinya gangguan pola tidur yang anda alami.

Terapi yang diberikan oleh psikologi ini juga akan membantu Anda untuk mengatasi gangguan susah tidur. Selain itu Anda juga dapat menyimpan sebuah jurnal pribadi yang didalamnya berisi catatan kebiasaan tidur anda. 

Hal ini tentu dapat membantu psikolog dalam memberikan saran atau penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah gangguan tidur yang sedang anda alami.