Keuntungan Memiliki Hobi Membaca Buku

Keuntungan Memiliki Hobi Membaca Buku Bagi Kesehatan dan Kecerdasan Anak-Anak

Keuntungan Memiliki Hobi Membaca Buku

Tengah berencana mencari hobi baru yang menyenangkan? Maka ulasan mengenai keuntungan memiliki hobi membaca buku bagi kesehatan dan kecerdasan kali ini bisa menjadi salah satu uraian menarik yang harus disimak hingga tuntas. 

Sebenarnya ada berbagai macam hobi yang tersebar di dunia ini, mulai dari olahraga, seni, bela diri, teknologi, memasak dan banyak lainnya. Namun, tahukah bahwa ada satu hobi yang tidak menghabiskan energi fisik dan sangat seru? Ya! Membaca buku adalah jawabannya.

Di dunia ini ada berbagai jenis buku bacaan mulai dari karya fiksi maupun non-fiksi yang bisa menjadi pilihan. Namun, banyak orang yang terkadang merasa enggan untuk membaca buku karena di rasa membosankan.

Padahal, ada pepatah lama yang mengatakan bahwa buku  adalah jendela dunia bukan?

Nah, ada baiknya kaum milenial yang kini banyak bersentuhan dengan teknologi tetap rajin dan senang membaca buku karena manfaatnya sangatlah banyak. Ada berbagai keuntungan memiliki hobi membaca buku bagi kesehatan dan kecerdasan otak lho. Apa saja kira-kira keuntungannya? Yuk simak ulasannya sebagai berikut.

Keuntungan Membaca Buku bagi Anak-anak

Adapun sebenarnya membaca buku bagi anak-anak sendiri memiliki banyak sekali keuntungan lho. Baik bagi kesehatan diri, penambah wawasan dan kualitas otak anak, tak percaya? Yuk simak beberapa kelebihan membaca buku bagi anak-anak.

1. Melatih Konsentrasi

Keuntungan yang pertama bagi anak-anak adalah bisa melatih konsentrasi secara lebih dalam. Anak-anak yang hobi membaca tidak akan mudah mengalami perubahan mood yang mana bisa menganggu tingkat konsentrasinya semasa belajar atau kegiatan lainnya. Dengan membaca juga anak-anak akan jauh lebih mudah memahami suatu perintah, arahan atau bahkan materi yang diberikan padanya dalam bentuk pelajaran atau emosional.

2. Membuka Wawasan dan Pengetahuan 

(Reading)  - Gambar oleh 愚木混株 Cdd20 dari Pixabay
Sumber Gambar : (Reading)  - Gambar oleh 愚木混株 Cdd20 dari Pixabay 

Keuntungan kedua, orang tua memberikan edukasi membaca buku bagi anak-anak adalah dapat membuka wawasan serta pengetahuan. Ada berbagai jenis buku yang bisa coba untuk dibaca oleh si kecil yang mana semuanya bisa merangsang pengetahuan di luar yang diajarkan sekolah atau bahkan dirikan orang tua. Anak-anak akan lebih mudah berkembang dan mengenal dunia luas dengan hanya membaca buku lho.

3. Bisa menjadi Kegiatan Positif bagi Anak-anak dalam Berkembang di Usia Emas

Keuntungan memiliki hobi membaca buku bagi anak-anak yang ke tiga adalah bisa menjadi kegiatan positif di usia berkembang mereka. Anak-anak cenderung akan meniru banyak hal ketika dalam masa-masa pertumbuhan, yang mana jika mereka diarahkan ke arah baik maka di kemudian hari juga hasilnya akan baik. Nah, dibandingkan anak-anak di ajarkan menonton film di luar usianya atau bermain sosial media maka akan lebih bijak untuk mengenalkan buku bagi perkembangannya.

4. Mengembangkan Imajinasi dan Kreatifitas

Anak-anak yang rajin membaca buku juga akan jauh memiliki imajinasi dan kreatifitas yang mumpuni dibanding mereka yang tidak membaca sama sekali. Ada berbagai jenis buku yang bisa menjadi pilihan bagi si kecil. Mulai dari buku dongeng, ensiklopedia anak, komik dan banyak lainnya yang seru untuk dibaca demi merangsang imajinasi dan kreatifitas sejak dini.

5. Membuat Anak Lebih Matang dan Memiliki Kosa-kata Lebih Banyak

(Reading) - Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay
Sumber Gambar : (Reading) - Gambar oleh Sasin Tipchai dari Pixabay 

Keuntungan memiliki hobi membaca buku lainnya bagi anak adalah, anak akan lebih matang dan memiliki kosa-kata lebih banyak dari bacaan yang Ia miliki. Tentu saja orang tua terkadang memiliki keterbatasan pengetahuan untuk menjelaskan banyak hal. Nah, maka solusinya orang tua bisa memberikan buku pada anak yang bisa mengarahkannya melihat dunia lebih luas.

6. Mampu Meningkatkan Keterampilan Konsentrasi

Anak-anak yang sejak dini banyak membaca buku disinyalir memiliki kemampuan otak yang lebih baik dalam menangkap dan menyelesaikan masalah. Oleh sebab itu jangan ragu untuk ajarkan anak-anak membaca ya!

7. Mampu Meningkatkan Prestasi Akademik dan Menambah Kebijaksanaan dalam Lingkungan Sosial

Keuntungan memiliki hobi membaca buku yang terakhir bagi anak-anak adalah mampu meningkatkan prestasi akademik. Serta menambah kebijaksanaan anak dalam menjalani kegiatan di lingkungan sosialnya. Anak yang membaca buku, cenderung akan lebih tenang dalam menghadapi segalanya serta lebih bijaksana.

Keuntungan Membaca Buku bagi Orang Dewasa

Adapun sebenarnya keuntungan membaca buku tak hanya bisa didapatkan anak-anak lho. Orang dewasa juga bisa mendapatkan keuntungan memiliki hobi membaca buku. Pertama, orang dewasa yang memiliki hobi membaca biasanya secara wawasan akan lebih luas.

Mereka yang suka membaca juga memiliki keuntungan lebih update terhadap issue yang ada serta mudah fokus dalam suatu masalah. Keuntungan memiliki hobi membaca buku bagi orang dewasa juga bisa mencegah kepikunan, penyakit alzheimer atau keteledoran. Membaca juga merangsang ketelitian serta otak untuk terus bekerja sehingga jauh dari penyakit.

Deretan Jenis Buku yang Bisa menjadi Pilihan

Sebenarnya ada banyak sekali jenis buku yang bisa menjadi rujukan dan pilihan bacaan. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi jenis buku yang bisa menjadi pilihan bagi pemula yang tengah berencana menekuni hobi membaca, apa saja

1. Jenis buku bergenre romantis.

2. Genre buku fanfiction.

3. Genre science fiction atau fiksi ilmiah yang bisa mengajak pembaca berfikir keras.

4. Tema fantasi yang seru dan bisa mengajak imajinasi pembaca berkembang.

5. Jenis buku bergenre historical yang penuh makna.

6. Jenis buku bergenre horor yang menegangkan dan bisa menjadi pilihan pembaca dewasa.

7. Genre realistic fiction.

Tips Agar Gemar Membaca Buku

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali keuntungan memiliki hobi membaca buku bukan? Baik untuk anak-anak atau dewasa. Lantas bagaimana tips mudah agar seseorang bisa rajin dan tertarik membaca buku? Mari simak rangkaian triknya berikut ini.

1. Membaca karya fiksi yang menarik seperti novel yang tengah booming.

2. Mulai dengan topik bahasan yang disukai.

3. Mulailah membaca karya fiksi yang disukai seperti komik untuk mengasah kesukaan dalam membaca.

4. Habiskan waktu membaca secara rutin minimal 30 menit dalam sehari.

5. Paksakan untuk membaca secara rutin minimal 10 lembar bacaan.

6. Membaca dengan rekan atau orang spesial agar terasa bersemangat.

7. Membaca di lokasi yang menyenangkan seperti kamar, cafe atau taman.

8. Ikut perkumpulan membaca untuk bisa mendapatkan feedback bacaan terbaru yang menyenangkan.

9. Jika memungkinkan, bacalah buku sembari mendengarkan musik favorit agar terasa tak membosankan.

10. Temani waktu membaca dengan camilan kesukaan.

Nah, itulah di atas adalah beberapa ulasan menarik mengenai keuntungan memiliki hobi membaca buku baik bagi kesehatan maupun kecerdasan seseorang. Memang, ada baiknya untuk seseorang memupuk kegiatan positif seperti membaca buku sejak dini. Apalagi ada berbagai hal positif yang bisa didapatkan dengan membaca buku lho, mulai dari ilmu pengetahuan hingga menekan resiko penyakit alzheimer atau lupa ingatan.