Wajib Tahu! Kelebihan Aplikasi Zoom Premium

Kelebihan Aplikasi Zoom Premium - Aplikasi Zoom gratis atau berbayar dapat dimanfaatkan untuk rapat hingga kuliah dari rumah.
Dikarenakan Pemerintah memberi kebijakan work from home atau kerja dari rumah selama pandemi Covid-19 saat ini, sehingga menjadikan popularitas Zoom sangat meroket.

logo zoom

Aplikasi video conference ini sangat banyak digunakan sebagai sarana tatap muka dari rumah dalam berbagai kepentingan. Mulai  dari rapat dengan rekan kerja, kuliah online, pembelajaran siswa sekolah, atau juga sebagai sarana komunikasi dengan sanak saudara jauh.

Aplikasi Zoom Gratis atau Berbayar

Karena adanya kebijakan mengenai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sebagai usaha dalam mencegah penyebaran virus Corona, sehingga menyebabkan permintaan dalam melakukan meeting online semakin meningkat. Selain itu juga, meeting online di rasa lumayan cukup efektif pada masa pandemi saat ini. Zoom merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat populer digunakan dalam melakukan virtual meeting.


Virtual Meeting
Sumber Gambar : Photo by Chris Montgomery on Unsplash

Selain pegawai kantoran, para pelajar juga banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk mengadakan sesi belajar mengajar secara online. Alasan lain adalah aplikasi ini juga memberikan latency yang cukup kecil sehingga relatif tidak terganggu terkait jeda pembicaraan. Dan juga, aplikasi Zoom dapat mempertahankan mutu video serta audio walaupun koneksi internet tidak stabil.

Zoom berbayar memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, diantaranya unlimited session. Pengguna bebas melakukan video conference tanpa batas waktu. Selain itu jika bertindak sebagai host, lebih baik menggunakan zoom premium (berbayar). Namun jika bertindak sebagai peserta meeting, cukup menggunakan versi free saja.

Aplikasi zoom dapat dijalankan menggunakan HP dan juga laptop atau PC. Untuk yang bertindak sebagai host, maka disarankan menjalankan software Zoom pada laptop. Karena, akan lebih banyak kontrol yang dapat dilakukan. Salah satunya dapat melakukan sharing file presentasi terhadap peserta Zoom lainnya.

Perbedaan Aplikasi Zoom Gratis Atau Berbayar

Perbedaan Aplikasi Zoom Berbayar
Sumber Gambar : zoom.us/

Berikut ini beberapa perbedaan antara aplikasi Zoom gratis atau berbayar :

Perbedaan antara Zoom gratis atau berbayar adalah terdapat pada durasi meeting serta jumlah peserta. Dengan demikian, bisa memilih paket sesuai kebutuhan serta budget yang dimiliki. 

Pada aplikasi Zoom free terdapat beragam fitur yang dapat menampung 100 peserta meeting. Tidak terdapat batasan untuk melakukan virtual meeting dengan peserta 1 orang. Tetapi untuk group meeting  aplikasi ini hanya memiliki durasi waktu 40 menit setiap sesi. Tentang jumlah meeting pada aplikasi zoom versi gratis tidak ada batasan.

Perbedaan selanjutnya adalah pada versi berbayar terdapat fitur dengan nama 3 varian. 

Varian ini  bergantung terhadap besar kecilnya biaya per bulan yang digunakan. Biaya paling murah setiap bulannya adalah $14.99. 

Perbedaan zoom berbayar dengan versi gratis lainnya yaitu bisa menampung 100 peserta meeting. Dan bisa juga diupgrade hingga 500 peserta dengan biaya tambahan. Dan mengenai durasi pada group meeting selama 24 jam. Kelebihan dari Zoom ini berbayar ialah memiliki semua fitur yang ada pada Zoom versi gratis.

Fitur Baru Aplikasi Zoom

Selain perbedaan dari aplikasi Zoom gratis atau berbayar, perlu juga untuk diketahui fitur terbaru yang terdapat pada aplikasi ini yang bermanfaat untuk meningkatkan keamanan.

Berikut fitur terbaru aplikasi Zoom yang bisa dimanfaatkan para penggunanya:

Fitur Enskripsi GCM 256 bit AES

Encryption Symbol
Sumber Gambar : Icons made by Freepik from www.flaticon.com

Dengan menggunakan standar enskripsi GCM 256 bit AES, user bisa meningkatkan proteksi terhadap data meeting serta tahan terhadap masalah selama rapat. Hal tersebut tentu bisa memberikan jaminan pada integritas meeting via Zoom.

Peningkatan Informasi Pusat Data

Feature Symbol
Sumber Gambar : Icons made by srip from www.flaticon.com

Host rapat bisa memilih pusat data ketika menjadwalkan rapat serta webinar. Sedangkan untuk  para klien bisa menunjukkan pusat data mana yang ingin dihubungkan dengan ikon info yang ada pada kiri atas jendela Zoom. Selain itu, kita juga akan menerima detail tambahan rapat dengan memakai pengaturan video selanjutnya ketik Statistik.

Fitur lain dari aplikasi Zoom gratis atau berbayar ialah ikon enkripsi baru. Ikon ini sangat berguna, yaitu bertujuan untuk menunjukkan rapat aman yang telah memperoleh enkripsi. Selain itu, ada juga fitur Laporkan Pengguna yang dapat digunakan untuk melaporkan pengguna yang menyalahgunakan aplikasi Zoom.

Biaya Zoom Premium 

Zoom Plans Full Comparison
Sumber Gambar : zoom.us

Biaya Langganan Zoom Pro

Zoom Pro merupakan salah satu paket untuk dimanfaatkan para pekerja yang bekerja dari rumah. Kalian harus membayar iuran langganannya sebesar $15 per host, serta berhak melibatkan siapa saja untuk rapat virtual.

Meski begitu, peserta rapat mungkin gratis namun host (penyelenggara) saja yang membayar aplikasinya. Kalian dapat merekam kegiatan apa saja selama meeting dengan batasan waktu 24 jam. Jumlah anggota rapatnya pun tidak lebih dari 100 partisipan.

Biaya Langganan Zoom Business

Untuk menikmati Zoom Business, maka kamu bisa membeli langganan 10 host sebesar $200 dengan akumulasi senilai $20 per host. Kalian bakal menerima tawaran jumlah partisipan meeting mencapai 300 orang dalam satu waktu.

Kamu juga akan memperoleh cloud transcript dan fasilitas call centre kepada pihak Zoom. Tak hanya itu, pengguna Zoom Business juga berkesempatan menggunakan dan menikmati semua layanan yang sudah dihadirkan pada Zoom Pro.

Biaya Langganan Zoom Business Enterprise

Zoom Business Enterprise menjadi salah satu paket meeting virtual yang ditawarkan aplikasi ini. Bagaimana tidak, penyelenggara harus membeli host minimal 100 akun senilai $2,000 dengan rata-rata per host sebesar $20.

Siapa yang bisa menikmati layanan ini? Biasanya Zoom Business Enterprise ditujukan kepada perusahaan yang mempunyai karyawan lebih dari 1,000 orang. Kamu akan mendapat tawaran seperti menyimpan rekaman rapat tanpa batas apapun.