5 Film Terbaik di Tahun 2020

5 film terbaik di tahun 2020

5 Film Terbaik di Tahun 2020 - Meskipun sebagian besar film sudah tidak tayang lagi di Bioskop, namun para pecinta film tidak perlu khawatir. Sebagai film terbaik di tahun 2020, maka sudah pasti film-film ini bisa ditemukan secara mudah secara online atau di toko offline. Nah, bagi yang sedang mencari hiburan di rumah, berikut adalah daftar 5 film terbaik di Tahun 2020 yang wajib ditonton:

1. Harley Quinn: Birds of Prey

harley quinn birds of prey
Sumber Gambar : Birds of Prey DC Comics 

Pecinta Harley Quinn tentunya akan sangat menyukai film yang satu ini. Sesuai judulnya, film ini akan menunjukkan kegilaan Harley Quinn dalam versi yang menyenangkan. Selain humor yang gelap, sang sutradara juga menyuguhkan kekuatan perempuan dalam versi yang super namun tetap lucu. Jadi, bagaimana sinopsis dari Birds of Prey, kita simak bersama ya.

Film Birds of Prey mengisahkan tentang kelanjutan hidup Harley Quinn setelah putus kekasihnya  Joker. Ia ingin menunjukkan kepada orang terdekatnya bahwa ia mampu moveon dan mengakhiri ketergantungannya pada Joker. Untungnya, ia kemudian bertemu dengan karakter lainnya seperti Huntress, Renee Montoya dan Black Canary.

Bersama dengan para karakter tersebut, Harley bersepakat untuk membuat kerusuhan di kota Gotham. Namun aksinya ternyata tidak semudah yang dibayangkan karena ada ketua gangster kejam yang bernama Roman Sionis atau yang dikenal dengan Black Mask. 

Nah, apa saja yang akan dilakukan Harley bersama pasukannya ?, dan mampukah Harley bertemu dengan Cassandra, perempuan yang sedang diincar oleh Black Mask karena telah mencuri berlian yang diincarnya.

Meskipun banyak digadang-gadang sebagai salah satu film terbaik tahun ini, sayangnya Birds of Prey gagal meraup keuntungan yang direncanakan. 

Pada awal perilisan, film ini diharapkan mampu mendatangkan keuntungan sebesar $50 juta. Nyatanya film yang dibintangi oleh Margot Robbie ini hanya mampu meraih $33 juta dalam minggu pertamanya.

Salah satu alasan yang menyebabkan film ini gagal meraup keuntungan adalah waktu penayangannya yang kurang tepat serta kurang terkenalnya para karakter. Meskipun film ini diisi oleh pemain top Amerika seperti Ewan McGregor, Chris Messina dan Ella Jay, namun nyatanya keuntungan yang didapatkan masih belum maksimal.

Informasi Film Harley Quinn Birds of Prey

Tanggal Rilis : 25 Januari 2020 (Mexico City), 7 Februari 2020 (United States)
Perusahaan Produksi : 
Warner Bros. Pictures, DC Films, LuckyChap Entertainment, Clubhouse Pictures, Kroll & Co. Entertainment
Distributor : Warner Bros. Pictures
Durasi : 109 Menit (1 Jam, 49 Menit)
Modal / Budget : $80 s.d $100 Juta (Sekitar Rp. 1.16 triliun s.d 1.45 triliun *)
Pendapatan : $201 Juta (Sekitar Rp. 2.9 triliun *)
Negara : Amerika
Bahasa Yang Digunakan : Inggris

2. The Invisible Man

the invisilbe man
Sumber Gambar : The Invisible Man Universal Pictures, Blumhouse Productions

Untuk yang sedang mencari film terbaik dengan genre science fiction & thriller, maka anda dapat mencoba menonton film The Invisible Man. Film yang disutradarai oleh Leigh Whannel ini menceritakan mengenai seorang perempuan bernama Cecilia Kass (Elisabeth Moss). Dalam film ini, ia memiliki hubungan yang tidak sehat dengan pasangannya Adrian (Oliver Jackson), yang merupakan seorang ilmuwan kaya raya.

Suatu hari, ketika Cecilia memutuskan untuk kabur dari rumah, Cecilia mendapatkan kabar bahwa suaminya meninggal dunia karena bunuh diri. Selain itu, sang suami juga diinformasikan memberikan warisan yang luar biasa, namun dengan syarat bahwa istrinya sehat secara mental.

Meskipun mendapatkan warisan yang cukup besar, Cecilia tidak percaya begitu saja bahwa suaminya meninggal dunia. Merasa benar dengan perasaannya, Cecilia akhirnya berjuang sendiri untuk membuktikan bahwa perasaannya benar dan Adrian masih hidup. Mampukah Cecilia membuktikannya ?, Atau justru akan dikira sakit mental oleh orang-orang disekitarnya.

The Invisible sendiri pertama kali rilis pada Februari 2020. Meskipun tidak selalu berada di puncak Box Office Hollywood, namun film ini mampu meraih pendapatan yang cukup besar di awal penayangannya. Secara total hingga akhir penayangannya, The Invisible mampu mendapatkan pendapatan sebanyak $143.2 juta.

Informasi Film The Invisible Man

Tanggal Rilis : 27 Februari 2020 (Australia), 28 Februari 2020 (Amerika)
Perusahaan Produksi : Blumhouse Productions, Goalpost Pictures, Nervous Tick Productions
Distributor : Universal Pictures
Durasi : 124 Menit (2 Jam, 4 Menit)
Modal / Budget : $7 Juta (Sekitar Rp. 1 miliar *)
Pendapatan : $143 Juta (Sekitar Rp. 2 triliun *)
Negara : Australia, Amerika
Bahasa Yang Digunakan : Inggris

3. Wonder Woman 1984

the wonder woman 1984
Sumber Gambar : Wonder Woman 1984 Warner Bros. Pictures

Film berikutnya yang ada di list 5 Film Terbaik di Tahun 2020 adalah Wonder Woman 1984. Ini merupakan sekuel kedua atau seri lanjutan dari film sebelumnya yang tayang pada tahun 2017, yaitu Wonder Woman. Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, Wonder Woman 1984 juga menceritakan mengenai kehidupan serta petualangan yang dihadapi oleh Diana Prince.

Suatu hari, Diana mendapatkan informasi mengenai pengusaha kaya yang memiliki sebuah batu ajaib yang dapat mengabulkan apapun. Mendengar hal tersebut, Diana segera ingin mendapatkannya untuk bisa menghidupkan kembali sang kekasih yang telah meninggal, Steve Trevor (Chris Prine). Harapan tersebut akhirnya berhasil terwujud meskipun tidak seutuhnya.

Selain Diana, rekan Diana, Barbara pun mendapatkan keinginannya. Barbara berharap untuk mendapatkan kekuatan agar tidak menjadi wanita yang penakut seperti Diana. Sayangnya, setelah mendapatkan kekuatan ini, Barbara justru berubah menjadi manusia yang jahat dan menghancurkan dunia. Nah, bagaimanakah kelanjutan kisah dari kedua teman ini ?.

Selain menampilkan Gal Gadot, ada juga Kristen Wig yang nantinya akan berperan sebagai Cheetah atau musuh bebuyutan Wonder Woman. Selain itu, ada pula artis dan aktor lainnya seperti Lilly Aspell, Ravil Patel & masih banyak lagi. Meskipun sudah memiliki nama dan didukung oleh pemain papan atas, sayangya Wonder Woman 1984 tidak mampu menutupi biaya produksinya. Hingga akhir tayang, pendapatan film ini hanya mencapai $166.5 juta atau masih dibawah biaya produksinya.

Yuk Baca Juga Ciri-Ciri Pinjaman Online Illegal Serta Cara Menghindarinya

Informasi Film Wonder Woman 1984

Tanggal Rilis : 16 Desember 2020 (United Kingdom), 25 Desember 2020 (United States)
Perusahaan Produksi : Warner Bros. Pictures, DC Films, Atlas Entertainment, The Stone Quarry
Distributor : Warner Bros. Pictures
Durasi : 151 Menit (2 Jam, 31 Menit)
Modal / Budget : $200 Juta (Sekitar Rp. 2.9 triliun *)
Pendapatan : $166 Juta (Sekitar Rp. 2.4 triliun *)
Negara : Amerika
Bahasa Yang Digunakan : Inggris

4. Blackpink: Light Up The Sky

blackpink light up the sky
Sumber Gambar : Blackpink Light Up The Sky Netflix

Bagi pecinta girlband Blackpink, salah satu film yang tentunya tidak boleh dilewati adalah Blackpink: Light Up The Sky, berbeda dengan film-film sebelumnya, film ini memperlihatkan sisi lain dari member girlband Blackpink yang mungkin tidak pernah diketahui oleh para penggemar sebelumnya. Selain itu, film yang berdurasi 79 menit ini menceritakan perjalanan para anggota Blackpink hingga menjadi fenomena seperti yang dikenal pada saat ini.

Meskipun hanya ditampilkan di Netflix, namun film yang dirilis akhir tahun 2020 ini mampu mendapatkan hampir 200 juta penonton dari seluruh dunia. Hal ini membuat Light Up the Sky menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton di Netflix. Sedangkan untuk pendapatannya sendiri, Light Up the Sky diisukan mampu meningkatkan pemasukan Netflix sebanyak 40%.

Informasi Film Blackpink : Light Up The Sky

Tanggal Rilis : 14 Oktober 2020
Perusahaan Produksi : RadicalMedia
Distributor : Netflix
Durasi : 151 Menit (1 Jam, 19 Menit)
Modal / Budget : - (Tidak Tersedia)
Pendapatan : - (Tidak Tersedia)
Negara : Amerika, Korea Selatan
Bahasa Yang Digunakan : Inggris, Korea, Thailand

5. NKCTHI

nanti kita cerita tentang hari ini
Sumber Gambar : Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Visinema

Daftar 5 Film Terbaik di Tahun 2020 tidak hanya diisi oleh film asing saja. Karena turut diisi juga oleh film dari Indonesia yang berjudul NKCTHI (Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini). 

Sebuah film keluarga yang dalam film ini terdiri dari Awan (Rachel Amanda), Aurora (Sheila Dara) dan Angkasa (Rio Dewanto). Sutradara menyuguhkan cerita menarik tentang rahasia sebuah keluarga yang selama ini mereka simpan sendiri.

Dari luar, kakak-beradik ini tampak bahagia dan tidak memiliki masalah yang serius. Namun, siapa sangka bahwa dibalik kebahagiaan mereka ada sebuah rahasia yang tidak pernah diketahui oleh orang lain. Apakah rahasia itu ?, Tontonlah filmnya untuk mendapatkan jawabannya.

Dengan alur cerita yang unik dan tidak terduga, tidak heran jika film ini mendapatkan keuntungan yang luar biasa pada tahun 2020. Bahkan, pendapatan kotor film ini mencapai Rp 61.5 miliar dengan jumlah penonton sebanyak 1.8 juta orang. Meskipun masih dibawah film Habibie & Ainun 3, namun pendapatan ini cukup fantastis mengingat jumlah penonton yang tidak banyak sejak adanya pandemic.

Informasi Film NKCTHI : Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Tanggal Rilis : 2 Januari 2020 (Indonesia)
Perusahaan Produksi : Visinema Pictures, IDN Media, Blibli.com, XRM Media
Distributor : Netflix
Durasi : 121 Menit (2 Jam, 1 Menit)
Modal / Budget : - (Tidak Tersedia)
Pendapatan : Sekitar Rp. 90.3 miliar
Negara : Indonesia
Bahasa Yang Digunakan : Bahasa Indonesia

Itulah daftar salah 5 film terbaik di tahun 2020 yang wajib ditonton! Ada genre thriller, science-fiction, Korea hingga drama yang dapat dinikmati oleh para penonton bersama seluruh keluarga. Jangan lupa untuk mempersiapkan popcorn-nya agar tampak seperti di Bioskop!

Yuk Baca Juga Top 10 Film Dengan Pendapatan Terbesar di Tahun 1990

Keterangan :

*) 1 USD = 14.526 Rupiah.

(04 Desember 2021 - Google Currency Converter)

Referensi :

wikipedia.org