Sejarah Penemuan dan Perkembangan Teknologi Mesin Tempur Tank

sejarah penemuan dan perkembangan teknologi mesin tempur tank - kluos.com

Sejarah Penemuan dan Perkembangan Tank - Tank dikenal sebagai kendaraan tempur yang memiliki ukuran besar dan sangat kuat. Kendaraan ini memiliki peran besar dalam berbagai peristiwa perang. Tentunya pembuatan tank ini membutuhkan proses yang panjang dan mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Mari simak lebih lanjut seperti apa sejarah penemuan tank dan bagaimana perkembangan kendaraan ini sejak dulu sampai sekarang.

Sejarah Penemuan Tank

Dalam sebuah situasi perang, prajurit tentu saja membutuhkan perlindungan agar tidak langsung terkena tembakan musuh.

Prinsip semacam ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Oleh sebab itu orang-orang berusaha untuk menyusun sebuah kendaraan yang bisa memberi perlindungan tersebut. Dibutuhkan kendaraan agar prajurit juga tetap bisa bergerak di tengah peperangan.

Pada zaman Yunani kuno, prajurit mulai menggunakan menara serbu yang dikenal sebagai Helepolis. Kemudian pada kekaisaran Romawi, masyarakat menggunakan menara yang memakai pelapis pelindung.

Kemudian pada abad pertengahan, Polandia dan Ceko membuat sebuah kereta perang dengan bahan pelapis baja yang cukup kuat.

Helepolis
Sumber Gambar : Helepolis Evan Mason, Helepolis, CC BY-SA 3.0

Tokoh Leonardo da Vinci ternyata juga pernah membuat rancangan kendaraan perang dengan roda. Konsep ini juga berpengaruh pada desain tank di masa berikutnya. Tentunya desain-desain kendaraan tank ini terus berubah. Seiring dengan kondisi perang yang juga berubah semakin brutal, masyarakat mencoba menghadirkan desain tank yang jauh lebih kuat.

Davinci Tank
Sumber Gambar : Davinci Tank Public Domain

Prototype dari tank pertama kali diuji coba oleh angkatan militer Inggris. Uji coba tersebut diselenggarakan pada tanggal 6 September 1915.

Pada saat itu tank dikenal dengan nama kapal darat atau ground ship. Kemudian namanya diubah menjadi pengangkut air, tujuannya adalah untuk menjaga rahasia agar orang-orang tidak tahu bahwa kendaraan ini adalah kendaraan perang.

Nama pengangkut air ini dirasa terlalu panjang hingga kemudian disebut sebagai tank yang dalam bahasa Inggris merujuk pada tangki air.

Sama seperti nama sebelumnya, sebutan tank diberikan agar orang-orang mengira bahwa kendaraan tersebut adalah pengangkut air bukan prajurit dan senjata. Nama tank tersebut kemudian diresmikan pada tanggal 24 Desember 1915.

Perkembangan Tank dari Masa ke Masa

Tank terus mengalami perkembangan dari masa ke masa sejak pertama kali digunakan. Tentunya perkembangan ini dibutuhkan agar tank bisa memberikan perlindungan terbaik kepada prajurit saat berperang. Terutama melindungi prajurit dari serangan senjata lawan.

Berikut adalah perkembangan tank dari masa ke masa sesuai dengan perang yang terjadi di dunia:

1. Perang Dunia I

mark 1 tank
Sumber Gambar : Mark I Tank Public Domain

Sebelumnya disebutkan bahwa pada tanggal 6 September 1915, prototype tank diuji coba pertama kali. Peristiwa ini sebenarnya terjadi pada saat perang dunia I berlangsung.

Munculnya kendaraan tank bermula dari pemikiran Angkatan Darat Inggris yang ingin mengembangkan kendaraan perang. Kendaraan tersebut difokuskan untuk menyeberangi parit serta menghancurkan kawat berduri sehingga prajurit bisa bergerak leluasa.

Selain itu militer Inggris juga membuat desain tank yang diharapkan bisa anti tembak. Artinya, kendaraan ini harus terbuat dari bahan yang tidak mempan saat terkena senapan mesin.

Pada akhirnya setelah dilakukan uji coba, tank pertama kali digunakan oleh Kapten H.W. Mortimore. Kapten Mortimore diketahui membawa tank Mark I dalam perang Somme, tanggal 15 September 1916.

Sementara itu di negara lain yakni Prancis, dikembangkan sebuah kendaraan perang bernama Schneider CA1. Tank ini dibuat dari kendaraan traktor lalu dipakai untuk pertama kali pada 16 April 1917. Ini menjadi awal mula dimana negara-negara lain juga ingin merencanakan kendaraan perang tank yang kuat.

schenider ca tank
Sumber Gambar : Schneider CA 1 Public Domain

Semua kendaraan tank yang pertama dimiliki oleh negara-negara perang tersebut memiliki efektivitas yang berbeda-beda. Masalah utama yang ditemui adalah kekuatan lapisan tank yang ternyata tidak begitu baik. Tank-tank ini memiliki daya tahan yang rendah.

Baik dari segi senjata maupun kekuatan mesinnya. Selain itu lapisan baja yang digunakan pada bodi tank juga dinilai terlalu lemah sehingga tidak tahan tembakan.

Pada masa perang ini, tank memang didesain bisa melewati parit-parit. Namun pada kenyataannya ada tank yang ternyata berukuran terlalu besar sehingga sulit melewati parit dan tak bisa bekerja optimal. Kemudian muncullah tank bernama Mark V yang didesain memanjang sehingga bisa lewat parit, tentunya hal ini memberikan kontribusi terhadap sejarah penemuan dan perkembangan tank.

mark v tank
Sumber Gambar : Mark V Public Domain

2. Antara PD I dan PD II

tank cruiser
Sumber Gambar : Tank Cruiser Public Domain

Tank mulai ramai digunakan karena perang dunia I muncul. Kemudian sebelum perang dunia II dimulai, ada masa yang disebut sebagai masa antara dua perang. Inilah waktu dimana negara-negara mulai mengembangkan kendaraan perang mereka.

Di masa ini perkembangan tank berjalan pesat belajar dari kesalahan desain tank di perang dunia I.

Di masa ini konsep kendaraan tank sudah terbentuk. Namun negara-negara mulai membuat pengembangan dari konsep tersebut. Misalnya, di Inggris tank dibuat lebih canggih lagi dengan menambah lapisan baja.

Perlu diketahui bahwa di masa antara dua perang ini Inggris menjadi pemimpin dalam pengembangan tank-tank mereka. Inggris mengembangkan kendaraan perang paling canggih di antara negara lain.

Para ahli kemudian membuat beberapa desain tank. Akhirnya dibuatlah beberapa kelas tank mulai dari tank ringan, tank sedang atau cruiser, dan tank berat.

Tank ringan memiliki berat tidak lebih dari 10 ton. Fungsi dari tank ringan ini adalah untuk melawan tank ringan lainnya. Cukup efektif digunakan untuk alat transportasi prajurit di wilayah yang tidak terlalu ramai.

Kemudian ada tank cruiser atau tank sedang yang lebih berat dari sisi bobotnya. Tank jenis ini digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dari segi kekuatan dan performa juga jauh lebih baik daripada tank ringan.

Kemudian ada tank berat yang dikenal juga dengan nama tank infanteri. Tank ini menggunakan lapisan pelindung yang sangat berat dan tidak bisa berjalan cepat karena bobotnya.

3.Perang Dunia II

Memasuki era perang dunia II, setiap negara telah memiliki desain tank yang berkembang pesat. Salah satunya adalah Jerman yang memakai Panzer I sebagai andalan perang. Hanya saja jenis tank ini tetap kalah saat berhadapan dengan tank asal Inggris. Di masa perang dunia II ini negara-negara banyak menggunakan jenis tank sedang dan berat.

panzer 1 tank
Sumber Gambar : Panzer I baku13, SdKfz101, CC BY-SA 3.0

Salah satu perkembangan yang sangat terlihat dari tank-tank di masa perang dunia II adalah adanya kelengkapan sistem komunikasi. Tank-tank tersebut sudah dilengkapi sistem radio yang akan mempermudah komunikasi antar prajurit.

Selain itu ada modifikasi bodi tank, salah satunya adalah adanya sistem penghancuran ranjau. Kemudian ada juga meriam berputar yang di masa perang sebelumnya tidak ada.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, kendaraan perang tank semakin canggih. Lapisan pelindungnya semakin kuat dan perlengkapan senjatanya semakin hebat. Sistem komunikasi juga dibuat semakin stabil.

challenger 2 tank
Sumber Gambar : Challenger 2 Public Domain

Saat ini masih ada banyak aset tank yang dimiliki oleh negara-negara, termasuk Indonesia. Hanya saja kondisinya jauh lebih baik karena tak lagi digunakan untuk berperang.

Tank merupakan kendaraan perang yang menjadi andalan setiap negara. Tank diandalkan sebagai kendaraan pelindung dan penyerang.

Tentu saja pembuatan tank membutuhkan biaya yang cukup besar, seiring dengan teknologi dan kekuatan yang menyertainya.