Top 10 Kedai Kopi di Jakarta

top 10 kedai kopi di jakarta

Top 10 Kedai Kopi di Jakarta - Belakangan ini, kedai kopi menjadi salah satu tempat favorit bagi para warga Jakarta. Selain dapat menikmati berbagai jenis minuman kopi, banyak kedai kopi yang dibuat dengan desain yang unik dan cozy sehingga membuat para pengunjungnya nyaman. 

Nah, dari banyaknya kedai kopi yang ada, manakah yang termasuk kedalam daftar top 10 kedai kopi di Jakarta ?.

1. Filosofi Kopi Melawai

filosofi kopi melawai
Sumber Gambar : Filosofi Kopi Melawai | Zomato 

Kedai kopi di urutan pertama yang terdapat dalam daftar Top 10 Kedai Kopi di Jakarta adalah kedai Filosofi Kopi.

Kedai kopi ini merupakan tempat syuting film yang dibintangi oleh Rio Dewanto. Selain terkenal sebagai tempat syuting, kedai kopi ini juga terkenal karena memiliki minuman kopi yang authentic (otentik) dan beragam. 

Harga per gelas kopinya pun tergolong cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 30.000 saja. 

Untuk melengkapi kopi yang dipesan, para pengunjung juga bisa memesan cemilan yang disediakan seperti kentang, churros hingga donat.

Hal lain yang membuat kedai kopi ini menarik adalah bangunannya yang lawas. Arsitektur bangunannya yang lawas namun cantik inilah yang membuat banyak orang betah duduk di kedai ini.

2. One Fifteenth Coffee

one fifteenth coffee
Sumber Gambar : One Fifteenth Cofee | manual.co.id

Untuk yang lebih suka dengan kedai yang modern, maka cobalah datang ke One Fifteenth Coffee atau ditulis dengan 1/15. Ini merupakan coffee shop yang dibuat oleh Doddy Samsura sang juara kejuaraan Barista pada tahun 2013.

Dengan pengalamannya yang cukup banyak, kopi buatan 1/15 tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jika datang berkunjung ke kedai ini, pastikan untuk memesan menu andalannya yaitu Es Kopi 'Rojali'. 

Minuman ini dibuat setelah memeras kopi selama 12 jam penuh lalu dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti soda dan perasan jeruk. Sekilas, kopi ini rasanya seperti dengan 'tequila' namun dengan rasa kopi yang unik. Untuk rentang harga yang terdapat pada menu yang disajikan adalah sekitar Rp 50.000.

3. Kopi Manyar

kopi manyar
Sumber Gambar : Kopi Manyar | Zomato

Bagi yang tinggal di area Bintaro, anda dapat mampir ke kedai Kopi Manyar. Sekilas, kedai kopi yang satu ini terlihat simpel dan sederhana karena memiliki banyak aksen putih dan hitam. 

Namun, jika pengunjung masuk ke dalamnya, pengunjung bisa melihat kedai kopi yang minimalis namun modern. Desain interiornya yang unik inilah yang membuat banyak anak muda berkunjung ke kedai ini.

Selain interiornya yang menarik, minuman dan makanan dari Kopi Manyar juga tidak kalah menarik. Disini, para pengunjung bisa memesan kopi espresso panas atau dengan es dengan harga sekitar Rp 35.000. 

Bagi yang ingin memesan makanan kecil atau makanan berat, terdapat juga beberapa menu makanan seperti kentang goreng, nasi dan bakmi. Untuk yang ingin melihat kedai kopi ini, silahkan datang ke area Bintaro Tengah.

4. Pigeonhole Coffee

pigeonhole coffee
Sumber Gambar : Pigeonhole Coffee | Instagram : pigeonholecoffee

Jika mencari Top 10 Kedai Kopi di Jakarta, maka Pigeonhole Coffee tentu masuk ke dalam daftar tersebut. Selain memiliki tempat yang estetis atau eye catching, kedai ini juga memiliki kopi yang khas dan wajib dicoba. Salah satu kopi khas dari Pigeonhole Coffee adalah Picollo Late dan Coffee Blend. 

Kedua kopi ini menjadi favorit para pengunjung karena rasa kopinya yang cukup kuat namun tetap nyaman, untuk bisa mencoba kopi tersebut, maka pengunjung harus menyiapkan Rp 50.000 untuk setiap gelas kopinya. 

Bagi yang datang bersama keluarga atau teman, maka jangan lewatkan momen dengan foto bersama. 

Di Pigeonhole Coffee terdapat banyak spot instagramable yang akan membuat foto tampak lebih cantik. Bagi yang ingin berkunjung ke Pigeonhole, silahkan menuju ke Jalan Merpati II P2 No 1.

5. Kedai Tjikini

kedai tjikini
Sumber Gambar : Kedai Tjikini | Pingpoint.co.id


Kedai yang satu ini membuat para pengunjungnya seperti ngopi di jaman kolonial. Selain karena kopi yang ditawarkan berasal dari nusantara semua, lokasi dari kedai ini cukup kuno dan antik. 

Tema yang diterapkan dalam kedai ini adalah jaman dulu, sehingga jangan kaget jika melihat gedung yang tua dan berkayu.

Bagi yang datang ke kedai Tjikini, pastikan untuk menyempatkan diri untuk memesan salah satu kopi nusantara yang mereka jual, terdapat banyak jenis kopi mulai dari Aceh Gayo hingga Toraja Arabika dengan harga mulai Rp 20.000.

Jika meminum kopi belum cukup, maka cobalah makanan-makanan yang mereka sediakan seperti nasi goreng hingga soto.

6. Common Grounds

common grounds
Sumber Gambar : Common Grounds | brandkraftstudio.com


Kedai berikutnya yang ada dalam daftar top 10 kedai kopi di Jakarta adalah Common Grounds. Kedai ini pasti sudah sering didengar oleh telinga para pecinta kopi karena minumannya yang lezat dan beragam.

Common Grounds memang dikenal mampu meracik berbagai jenis kopi dan menjadikannya minuman yang lezat. Selain kopi khas Indonesia, mereka juga menjual kopi dari luar seperti dari Panama lho. Untuk harganya sendiri, kopi disini dijual mulai dari Rp 35.000.

7. But First Coffee

Kedai yang satu ini merupakan kedai dengan konsep yang homey. Meskipun tempatnya tidak terlalu luas, namun desainnya yang simpel dan nyaman membuat para pengunjung betah di kedai ini. 

Bagi pengunjung yang datang kesini, pastikan untuk mencoba berbagai menu kopinya seperti latte, cappuccino hingga cold brew. Semua minuman tersebut dijual mulai harga Rp 35.000 saja.

8. Woot Coffee & Mates

woot coffee & mates
Sumber Gambar : Woot Coffee & Mates | alinear.id


Kedai kopi berikutnya yang berlokasi di Jakarta dan wajib dikunjungi bagi pecinta kopi adalah Woot Coffee & Mates. Berbeda dengan kedai yang lainnya, kedai kopi yang satu ini mengusung konsep coffee & mates, dengan tujuan memperkenalkan pasangan kopi juga yaitu martabak manis. Jadi, ketika datang kesini, pastikan untuk memesan makanan tersebut juga ya!.

Untuk kopinya sendiri mereka menyajikan kopi dengan biji yang berasal dari Malabar, Jawa Barat. Sedangkan untuk pilihan black coffee, andalan mereka adalah filter V60. 

Bagi yang ingin memesan menu ini harap bersabar ya, karena sang bartender biasanya membutuhkan waktu 10 menit untuk meraciknya. Untuk bisa menikmati kopi-kopi tersebut, pengunjung menyiapkan sekitar Rp 50.000 per minuman ya.

9. Ombe Kofie

ombe kofie
Sumber Gambar : Ombe Kofie | manual.co.id

Ombe Kofie merupakan kedai berikutnya yang masuk dalam daftar top 10 kedai kopi di Jakarta. Kedai ini tidak besar namun cukup nyaman untuk menikmati siang yang santai. Salah satu keunikan dari kedai kopi ini adalah pengunjung bisa melakukan setting kopi sendiri. 

Jadi, pengunjung bisa memilih kopi yang kuat atau regular. Bagi yang tidak terbiasa minum kopi jangan khawatir karena disini juga ada flat white atau minuman lainnya yang dijual mulai harga Rp 25.000 saja.

10. Seulawah Coffee

seulawah coffee
Sumber Gambar : Seulawah Coffe | wisatajakarta.co.id

Jika datang ke kedai kopi Seulawah Coffee, maka pengunjung akan melihat kedai kopi dengan tema yang tradisional. Selain tema tradisional, kedai ini cukup menarik karena menggunakan produk-produk daur ulang juga di dalamnya.

Untuk jenis kopinya sendiri, kedai ini mengandalkan biji kopi dari Aceh sesuai dengan namanya Seulawah yang berasal dari Aceh. Jika datang kesini, maka pastikan untuk memesan kopi panggang dan pisang goreng coklatnya ya.

Jadi itulah daftar top 10 kedai kopi di Jakarta yang wajib dicoba bagi para pecinta kopi. Setiap kedai kopi memiliki minuman kopi khas yang wajib dicoba oleh para penggemar kopi. Bagi yang tidak suka dengan kopi jangan khawatir karena semua kedai diatas memiliki pilihan menu minuman lainnya selain kopi.