Top 10 Logo Termahal di Dunia

Logo Termahal di Dunia

Logo Termahal di Dunia - Logo merupakan salah satu bagian penting untuk perusahaan. Bahkan logo adalah identitas perusahaan. Lihat saja logo-logo terkenal dunia seperti Nike, Apple atau McDonald. Hanya dengan melihat logonya saja, orang langsung tahu nama perusahaannya. Tidak heran jika perusahaan rela membayar mahal untuk sebuah logo. Namun, dari semua logo yang ada, manakah top 10 logo termahal di dunia?

1. Symantec

logo symantec
Sumber Gambar : Logo Symantec Public Domain

Logo pertama yang masuk dalam daftar logo termahal di dunia adalah logo dari perusahaan Symantec. Ini merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan antivirus untuk PC maupun laptop. Logo dari perusahaan ini adalah gambar centang yang terkenal dengan VeriSign atau tanda keaslian yang menunjukkan sertifikat keamanan.

Untuk mendapatkan logo dan branding tersebut, Symantec diketahui harus membayar Frank Mason Robinson hingga USD 1.280.000.000. Jika dihitung dalam rupiah, nilainya mencapai Rp 18.4 T untuk logo saja! Meskipun harganya sangat fantastis, Symantec beruntung bisa mendapatkan logo tersebut karena mengubah image dan branding mereka menjadi lebih baik.

2. British Petroleum

logo british petroleum
Sumber Gambar : Logo BP Bp.com

Logo milik British Petroleum juga merupakan salah satu logo yang masuk dalam top 10 logo termahal di dunia. Desain logo yang terkenal dengan warna hijau dan kuning tersebut dirilis perusahaan pada tahun 2000. Pemilihan warna-warna tersebut disebut mewakili tujuan perusahaan yang berusaha menjadi lebih ramah terhadap lingkungan.

Logo yang kini sudah dikenal di seluruh dunia tersebut didesain oleh seorang desainer terkenal bernama Raymond Loewy. Sedangkan untuk harganya, British Petroleum harus mengeluarkan USD 211.000.000. Nilai tersebut setara dengan Rp 3T jika dikonversikan ke rupiah. Sama halnya dengan Symantec, meskipun tergolong cukup mahal, namun logo tersebut kini sudah dikenal di seluruh dunia.

3. Accenture

logo accenture
Sumber Gambar : Logo Accenture mwcbarcelona.com Accenture.com

Jika melihat logo dari perusahaan Accenture, banyak orang yang kaget dengan harga belinya yang mahal. Untuk bisa mendapatkan logo yang simpel tersebut, perusahaan harus membayar sekitar USD 100.000.000! Harganya memang cukup mahal, namun desain baru dari perusahaan tersebut mampu membuat branding perusahaan menjadi lebih kuat dan menyenangkan.

Bagi yang belum pernah melihat logo Accenture, logonya sendiri adalah kata Accenture dengan huruf kecil semua. Selanjutnya, pada bagian atas kata tersebut, terdapat sebuah aksen kecil berwarna ungu yang bermakna lebih besar dari. Desain logo yang direkomendasikan oleh Kim Petersen dari Andersen Consulting ini menekankan perusahaan yang lebih fokus pada masa depan.

4. Posten Norge

logo posten norge
Sumber Gambar : Logo Posten Norge Public Domain

Logo yang satu ini mungkin tidak dikenal oleh banyak orang. Meskipun begitu, logo dari perusahaan Posten Norge merupakan salah satu logo termahal di dunia. Posten Norge sendiri merupakan perusahaan BUMN di Norwegia yang memiliki hak tunggal untuk mendistribusikan surat ke seluruh bagian Norwegia.

Untuk membuat logo baru mereka pada tahun 2008, perusahaan tersebut diketahui harus mengeluarkan USD 55.000.00 atau setara dengan Rp 792 M. Meskipun harganya tergolong mahal untuk perusahaan BUMN Norwegia, namun banyak pihak yang menyatakan bahwa logo yang didesain oleh Soren Nielsen tersebut mampu meningkatkan branding perusahaan.

5. ANZ

logo anz
Sumber Gambar : Logo ANZ konghq.com anz.com.au

Perusahaan yang merupakan joint venture antara Australia dan New Zealand ini memang dikenal sebagai salah satu bank terkaya di dunia. Tidak heran jika perusahaan tersebut rela mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk pembuatan logo barunya. Pada tahun 2010 lalu, perusahaan ANZ rela mengeluarkan USD 15.000.000 untuk desain logo barunya yang kental dengan warna biru.

Logo baru dari ANZ tersebut didesain oleh M&C Saatchi tersebut memiliki kesan yang simpel namun dinamis. Huruf-huruf yang terdapat pada logo mewakili kerjasama antara Australia, New Zealand dan Asia Pacific. Sedangkan tanda manusia dalam logo tersebut mewakili pelanggan serta orang-orang yang berada di balik kesuksesan perusahaan.

6. BBC

logo BBC
Sumber Gambar : Logo BBC bbc.co.uk

Bagi yang rutin menonton berita pastinya sudah tidak asing dengan BBC. Lembaga penyiaran umum dari Britania Raya ini juga dikenal memiliki logo yang masuk dalam top 10 logo termahal di dunia. Pada dasarnya, BBC memiliki beberapa jenis logo yang digunakan pada saat siaran atau melakukan pemasaran. Namun dari beberapa logo yang mereka miliki, logo dengan balok hitam dan tulisan putih merupakan yang paling sering digunakan.

Meskipun desainnya terkesan simple, logo tersebut diketahui menghabiskan anggaran hingga USD 1.800.000 dan dibuat oleh Martin Lambie Nairn. Salah satu tujuan perubahan logo BBC pada saat itu adalah untuk meningkatkan pengalaman para pembaca ketika mengakses atau membaca berita yang disampaikan.

7. Pepsi

logo pepsi
Sumber Gambar : Logo Pepsi pepsi.com

Pepsi merupakan perusahaan berikutnya yang harus membayar cukup mahal untuk mendapatkan logo baru. Sekilas, orang tidak akan terlalu melihat perbedaan antara logo yang baru dengan yang lama. Bahkan yang membedakan antara logo lama dan baru hanyalah warna merah yang dibuat lebih menonjol. Hal ini dibuat sebagai upaya Pepsi dalam menentang rivalnya Coca Cola.

Untuk mendapatkan desain yang baru tersebut, Pepsi harus mengeluarkan uang hingga USD 1.000.000. Desainer yang dipilih untuk mendesain logo tersebut pun cukup professional, yaitu Gerard Huerta. Ia merupakan ahli dalam bidang branding dan ilustrasi.

8. Olimpiade London 2012

logo olimpiade london
Sumber Gambar : Logo Olimpiade London 2021 london2012.com/documents/oda-planning/planning-update-stadium-and-aquatics.pdf International Olympic Committee

Acara Olimpiade selalu dikenal mengeluarkan biaya yang fantastis. Namun dari sekian banyak Olimpiade yang diadakan, Olimpiade London 2012 dikenal memiliki logo termahal sepanjang sejarah. Untuk mendapatkan logo tersebut, penyelenggara harus mengeluarkan USD 625.000 hanya untuk logonya saja!

Biaya ini tentunya sangat besar hingga mendapatkan kritikan cukup banyak dari public. Meskipun begitu, logo yang dibuat oleh Wolff Olins tersebut akhirnya tetap digunakan pada acara yang diselenggarakan tahun 2012.

9. Kota Melbourne

logo city of melbourne
Sumber Gambar : Logo Melbourne melbourne.vic.gov.au

Sama halnya dengan acara Olimpiade London 2012, kota Melbourne juga rela mengeluarkan biaya yang fantastis untuk logo kotanya. Kota yang berada di Australia ini rela menghabiskan USD 625.000 untuk Lander Associated dalam membuat logo barunya. Setelah puas dengan hasilnya, pemerintah kota Melbourne pun akhirnya memperkenalkan logo barunya pada tahun 2009.

Meskipun harganya tergolong mahal, namun logo baru Kota Melbourne mampu mewakili kotanya yang dinamis. Pada logo yang baru ini, para pengunjung bisa melihat nuansa yang hijau dan biru, serta kesan modern pada huruf M tersebut.

10. Belfast

Logo Belfast
Sumber Gambar : Logo Belfast belfastlive.co.uk

Kota lainnya di dunia yang rela menghabiskan uang yang cukup besar untuk logo kotanya adalah Belfast, yang merupakan ibukota Irlandia Utara. Logo yang digunakan saat ini merupakan logo yang berharga USD 280.000. Logo tersebut sendiri didesain oleh local firm McCadden, yang dikenal sebagai ahli branding.

Salah satu tujuan logo kota diubah adalah agar kota tersebut dapat tampil lebih menarik ketika diperkenalkan di dunia internasional. Meskipun logonya belum bisa mewakili sejarah dan kota Belfast seutuhnya, namun logo baru kota ini mendapatkan sambutan yang cukup positif dari masyarakat Belfast.

Meskipun logo terlihat sebagai hal yang simpel, namun logo yang bagus dapat meningkatkan branding dan image sebuah perusahaan. Lihat saja bagaimana efek dari top 10 logo termahal di dunia diatas yang mampu meningkatkan brand perusahaan setelah menggunakan logo yang baru. Jadi, jangan remehkan kekuatan suatu logo.