10 Dinosaurus Terpopuler dan Tampil Ikonik di Budaya Pop

10 Dinosaurus Terpopuler dan Tampil Ikonik di Budaya Pop

10 Dinosaurus Terpopuler dan Tampil Ikonik di Budaya Pop

Daftar 10
Dinosaurus terpopuler yang sering muncul di budaya pop. Mulai dari tipe pemangsa, herbivora, dinosaurus terbang, hingga dinosaurus air.

Dinosaurus sudah cukup lama jadi bagian dari budaya pop. Hal ini sudah cukup sering hadir di film bahkan animasi anak-anak. Dinosaurus terpopuler yang paling umum orang-orang kenali pasti antara T-Rex atau Brontosaurus.

Sebenarnya masih ada banyak nama-nama lain yang cukup populer. Jika enggan mengecek ensiklopedia, Anda bisa menonton film franchise Jurassic Park.

Di film tersebut, Anda pasti banyak menemui berbagai jenis dinosaurus yang familiar dengan bentuknya, tapi tidak mengenal namanya.

Beberapa jenis dinosaurus bahkan tampil cukup ikonik dan membuat orang-orang penasaran dengan nama jenisnya.

Nah, berikut ini Kluos akan membuat list tentang nama-nama dinosaurus yang cukup populer dan tampil ikonik di budaya pop.

1.Tyrannosaurus Rex (T-Rex)

tyrannosaurus rex
Sumber Gambar : (Trex) - Gambar oleh Jim Tsorlinis dari Pixabay 

T-Rex memang belum bisa tergantikan posisinya sebagai dinosaurus paling populer. Eksposur media terhadap jenis ini sangatlah massive.

T-Rex merupakan salah satu karnivora terbesar dan terganas yang hidup di darat. Ia merupakan bagian dari family “Tyrannosauroidea”. Family ini merupakan golongan pemangsa berukuran besar dengan ciri unik yaitu dua lengan berukuran kecil yang memiliki dua jari.

T-Rex memiliki tengkorak kepala yang cukup besar dan tebal. Rahangnya yang kuat dan giginya yang tajam, membuat makhluk ini memiliki gigitan terkuat dari semua hewan darat, untuk mengimbangi ukuran kepalanya, T-Rex memiliki otot leher, paha dan ekor yang kuat, hal tersebut membuat T-Rex bisa bergerak dengan cepat dan bermanuver cukup lincah, dua tangan kecil yang ia miliki bukannya tidak berfungsi. Lengan kecil tersebut membantunya dalam mencabik mangsa dan pada saat kawin.

Penemuan fosil T-Rex terjadi di Amerika Utara bagian barat, mulai dari daerah Alberta hingga Texas.

2.Apatosaurus/Brontosaurus

apatosaurus
Sumber Gambar : (Brontosaurus) - Pixabay

Nama Brontosaurus memang lebih umum orang-orang awam kenali. Media juga banyak menggunakan nama ini.

Tapi di kalangan para ilmuwan, nama Brontosaurus masih jadi perdebatan panjang. Beberapa ilmuwan menganggap bahwa Brontosaurus termasuk dalam genus yang sama dengan Apatosaurus. Dengan kata lain, Brontosaurus pada dasarnya adalah Apatosaurus. Sebagian besar ahli paleontologi yang mempelajari kehidupan purba, sepakat dengan hal ini.

Tapi, masih ada beberapa kalangan ahli paleontologi yang berusaha membuktikan bahwa Brontosaurus merupakan spesimen yang berbeda. Pada prinsipnya, dinosaurus ini termasuk jenis sauropoda. Herbivora dengan tubuh besar dan leher panjang.

Hewan ini merupakan salah satu dinosaurus terbesar di darat yang pernah hidup. Panjang dinosaurus ini antara 21 hingga 22,8 meter.

3.Triceratops

dinosaurus triceraptops
Sumber Gambar : (Triceraptops) - Gambar oleh Hermann Kollinger dari Pixabay 

Triceratops sepertinya jadi nama dinosaurus bertanduk yang paling populer.

Bentuk kepalanya sangat ikonik. Terdapat tiga tanduk dan tulang yang menyerupai perisai di bagian belakang kepala. Ukuran kepalanya termasuk salah satu yang terbesar. Tanduknya cukup kuat, berguna untuk melindungi diri dari predator utamanya yaitu T-Rex.

Suatu artikel di jurnal Cretaceous Research menyebutkan bahwa hewan ini ukurannya setara gajah Afrika. Tidak hanya ukurannya, posturnya juga tegak seperti gajah. Padahal, secara umum, dinosaurus memiliki postur siku menyerupai kadal.

Tubuh Triceratops sangat kuat. Bertugas menopang badannya yang besar. Tapi, ukuran kaki depannya sedikit lebih pendek dari kaki belakangnya. Para ahli menemukan fosil Triceratops yang pertama di Denver. Fosil Triceratop hanya sebatas di wilayah Amerika Utara.

4.Pterodactylus & Pteranodon

dinosaurus terbang pteranodon
Sumber Gambar : (Pteranodon) - https://www.deviantart.com/giu3232

Orang-orang banyak yang menganggapnya sebagai salah satu jenis dinosaurus terbang. Kluos ingin meluruskan informasinya bahwa hewan ini bukan termasuk dinosaurus, meski hidup di zaman dinosaurus, para ahli tidak mengkategorikan hewan ini sebagai dinosaurus. Hewan ini pada dasarnya adalah reptil terbang.

Kluos memasukkannya dalam list ini karena hewan ini sudah begitu populer, anda tentu cukup familiar dengan nama Pterodactyl. Sebenarnya istilah itu merupakan istilah umum untuk menyebut reptil bersayap. Istilah lain dari Pterodactyl adalah Pterosaurus.

Pterodactylus dan Pteranodon adalah beberapa contoh genera individu dari reptil terbang ini. Dua jenis ini merupakan Pterosaurus yang terbesar. Tapi, Pteranodon lebih besar daripada Pterodactylus, ciri fisik utama dari hewan Pterosaurus adalah leher dan paruh yang panjang. Pterodactylus dan Pteranodon memiliki paruh yang cenderung lancip.

Jika Pterodactylus memiliki deretan gigi kecil, sedangkan Pteranodon tidak. Bagaimanapun, Pterosaurus adalah hewan karnivora, karakter fisik lainnya yang cukup ikonik adalah tengkorak kepala yang menjulang. Milik Pteranodon lebih panjang sehingga sekilas tampak seperti tanduk.

5.Allosaurus

dinosaurus buas allosaurus
Sumber Gambar : (Allosaurus) - dkfindout.com

Allosaurus  termasuk salah satu dinosaurus yang paling awal ditemukan. Fossils nya cukup berlimpah. Para ahli menemukan sebagian besar fosilnya di wilayah Wyoming dan Colorado.

Sekilas, Allosaurus tampak seperti T-Rex. Tapi Allosaurus memiliki ciri khas unik yaitu dua tanduk di atas matanya.

Allosaurus berada di urutan 5 sebagai karnivora terbesar. Tapi ada beberapa jenis yang bisa menyaingi ukuran T-Rex.

Allosaurus juga memiliki jajaran gigi yang tajam dan rahang yang kuat. Hewan ini bahkan cukup kuat untuk memangsa Stegosaurus atau Sauropoda berukuran sedang.

Yuk Baca Juga Inilah Daftar Mata Uang Kripto Yang Banyak Ditransaksikan

6.Stegosaurus

dinousaurus unik stegosaurus
Sumber Gambar : (Stegosaurus) - isle.fandom.com

Pada saat pertama kali melihatnya, Anda pasti langsung bisa menandai karakter fisiknya. Penampakan Stegosaurus cukup ikonik, dengan lempengan duri yang ada di sepanjang leher hingga punggungnya.

Lempengan duri tersebut menjadi bagian dari kerangka tubuh mereka.

Hewan herbivora ini juga memiliki semacam paku di ekornya. Bagian paku tersebut fleksibel tapi cukup kuat untuk pertahanan diri.

7.Spinosaurus

dinosaurus buas spinosaurus
Sumber Gambar : (Spinosaurus) - Gambar oleh Yuri_B dari Pixabay 

Spinosaurus merupakan karnivora terbesar yang ada di darat. Bahkan lebih besar daripada T-Rex dan Giganotosaurus. Tingginya bisa mencapai 18 meter dan beratnya bisa mencapai 22 ton.

Hewan ini memiliki ciri fisik yang cukup unik, yaitu sirip besar menyerupai layar di sepanjang punggungnya.

Sebagai karnivora, Spinosaurus ternyata lebih menggemari ikan. Hal tersebut tercatat di jurnal Geology. Jurnal Science bahkan mencatat bahwa Spinosaurus juga bisa berenang. 

8.Mosasaurus

dinosaurus buas laut mosasaurus
Sumber Gambar : (Mosasaurus) - jurassicworlduniverse.com

Rasanya tidak lengkap jika tidak memasukan dinosaurus air. Mosasaurus sepertinya jadi salah satu yang terpopuler. Terlebih lagi sejak penampilannya di film Jurassic World.

Sebenarnya, Mosasaurus merupakan terminologi untuk menyebutkan reptil air yang hidup di zaman purba. Spesiesnya ada banyak. Spesies yang Anda lihat di film bernama Tylosaurus proriger.

Seluruh spesies Mosasaurus merupakan karnivora. Tapi, gigi dari berbagai spesies Mosasaurus tidak setajam hiu. 

9.Velociraptor

dinosaurus buas velociraptor
Sumber Gambar : (Velociraptor) - jurassicworlduniverse.com

Spesies ini mendapat julukan Speedy Thief atau pencuri yang cepat, banyak kesalahpahaman yang muncul di publik karena penggambaran Velociraptor di film yang kurang tepat, ukuran dinosaurus ini sebenarnya relatif kecil, bahkan hanya seukuran kalkun.

Velociraptor merupakan karnivora. Tapi hanya memangsa hewan-hewan kecil.

Selain itu, Velociraptor sebenarnya memiliki bulu. Biarpun demikian, Velociraptor tidak bisa terbang atau meluncur. Pasalnya, lengan dari Velociraptor relatif pendek.

10.Corythosaurus

dinosaurus pemakan tumbuhan corythosaurus
Sumber Gambar : (Corythosaurus) - deviantart.com/unlobogris

Mungkin Anda masih asing dengan namanya, tapi jika melihat bentuknya pasti sangat familiar, hewan ini memiliki kepala yang sangat unik. Tengkorak kepalanya sedikit menonjol.

Nama Corythosaurus sendiri berarti “Kadal helm”.Hal itu mengacu pada kepalanya yang menonjol menyerupai helm tentara yunani, bagian atas dari tonjolan di kepalanya, ternyata berlubang. Berfungsi untuk komunikasi dengan kawanannya.

Corythosaurus kerap digambarkan berjalan dengan dua kaki dan memiliki 2 lengan yang pendek. Pada kenyataannya, Corythosaurus berjalan dengan cara merangkak.

Itu dia beberapa list dinosaurus terpopuler di pop culture. Semoga artikel di atas bisa menambah wawasan. Kira-kira, mana dinosaurus yang jadi favoritmu?

Yuk Baca Juga 10 Tips Memilih HP untuk Ojek Online

Referensi : 

https://www.livescience.com/25093-apatosaurus.html
https://www.fandom.com/articles/ranking-the-dinosaurs-from-jurassic-park-and-jurassic-world
https://www.livescience.com/23868-tyrannosaurus-rex-facts.html
https://www.livescience.com/24011-triceratops-facts.html
https://www.livescience.com/24071-pterodactyl-pteranodon-flying-dinosaurs.html
https://www.livescience.com/24184-stegosaurus-facts.html
https://www.livescience.com/24815-allosaurus.html